Workshop Jurnalistik Siswa MTs Negeri 1 Kebumen Terbitkan Lima Majalah

www.inikebumen.net KEBUMEN - Lima majalah dengan nama-nama keren berhasil diterbitkan, yaitu Lini Masa, Deimos, Big Bang, Aspirasi dan Gemilang.

Workshop Jurnalistik Siswa MTs Negeri 1 Kebumen Terbitkan Lima Majalah
MTs Negeri 1 Kebumen berhasil menerbitkan lima majalah dengan nama-nama keren.
Bukan penerbit besar yang menerbitkannya, melainkan hasil workshop jurnalistik siswa MTs N 1 Kebumen yang dilaksanakan Senin-Rabu, 11-13 Februari 2019.

Setiap majalah dirancang isi dan disainnya oleh masing-masing kelompok peserta workshop. Peserta yang berasal dari kelas 7 dan 8, berjumlah 45 orang siswa-siswi, 3 orang laki-laki dan 42 orang perempuan, dibagi ke dalam lima kelompok.

Penyelenggaraan workshop jurnalistik tersebut, menandai terus bergulirnya gerakan literasi siswa di lingkungan MTs N 1 Kebumen.

"Peserta workshop adalah siswa-siswi yang berminat di bidang jurnalistik, tapi umumnya mereka yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler majalah dinding (mading) dan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)," jelas Irham Basyir salah seorang guru yang ikut menjadi nara sumber.

Sebelum berlatih membuat majalah, para peserta mengikuti pemaparan materi dengan nara sumber guru-guru MTs N 1 Kebumen.

Materi itu meliputi: Teori Menulis Berita (Suyitman), Dinamika Kelompok dan Penentuan Majalah (Akhmad Khalwani), Latihan Menulis Berita (Suyitman), Penulisan Artikel (Irham Basyir) dan Penulisan Cerpen (Korediati). Beberapa guru lain meski tidak menjadi nara sumber ikut mendampingi dalam pelatihan seperti: Lukman Setiawan, Humairoh dan Aswanti Sri Mulyani.

Workshop Jurnalistik Siswa MTs Negeri 1 Kebumen Terbitkan Lima Majalah
Inilah lima majalah yang diterbitkan oleh workshop jurnalistik siswa MTs N 1 Kebumen.
Tak hanya mengikuti pemaparan materi oleh nara sumber, workshop jurnalistik siswa juga mendapat kunjungan dari PWI Cabang Kebumen, yang diwakili Imam Wahyudi. Kebetulan PWI Cabang Kebumen sedang mengadakan roadshow dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional.

Sebagai salah seorang nara sumber, Irham berharap para peserta bisa menerbitkan majalah sekolah. "Yang lebih penting lagi siswa-siswi MTs N 1 Kebumen gemar membaca dan menulis," harap Irham.

Di akhir workshop, dilakukan pemilihan pengurus mading dan majalah MTs N 1 Kebumen.(*)
Powered by Blogger.