980 Pramuka Bersaing Wakili Kebumen di Pesta Siaga Korwil Kedu - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

980 Pramuka Bersaing Wakili Kebumen di Pesta Siaga Korwil Kedu

980 Pramuka Bersaing Wakili Kebumen di Pesta Siaga Korwil Kedu
Pesta Siaga tingkat Kabupaten Kebumen berlangsung meriah di komplek perkantoran Setda Kebumen, Sabtu, 16 Maret 2019.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 980 Pramuka Siaga mengikuti Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kebumen di Halaman Setda Kebumen, Sabtu, 16 Maret 2019.

Mereka berasal dari 49 barung putri dan 49 barung putra yang merupakan perwakilan dari masing-masing kwartir ranting. Selain itu, acara tersebut juga melibatkan 100 pembina pendamping.

Ketua Panitia Pesta Siaga Kwarcab Kebumen tahun 2019, Edi Purwoko, menjelaskan setiap kwartir ranting mengirimkan dua barung. Yakni barung putra dan putri.

"Setiap satu barung beranggotakan sepuluh anak," terang Edi Purwoko, didampingi Sekretaris Panitia, Suyud Suprayogi, Sabtu pagi.

Selain itu, kata Edi, peserta yang dikirim ke acara tersebut merupakan peserta pilihan yang sudah melalui seleksi di tingkat kecamatan. Mereka merupakan juara I dan II pada Pesta Siaga tingkat kwartir ranting di 26 kecamatan.

Edi mengatakan, selama pesta siaga, setiap barung harus melalui sejumlah penilaian. Mulai dari keterampilan, ketangkasan, pentas seni, kepribadian, kerohanian, hingga patriotisme.

Ada 12 taman pada Pesta Siaga tahun ini. Yaitu,  ketaqwaan, toleransi beragama, siaga pintar, scouting skills yang meliputi tali temali, sandi, dan kompas. Kemudian, taman tanda pengenal pramuka, PBB, fun ball, pentas budaya, Jateng Hebat, bumbung kemanusiaan, dan kebersihan lingkungan.

"Untuk pentas budaya masing-masing barung menampilkan kesenian tradisional. Sedangkan untuk Taman Jateng Hebat itu, masing-masing barung disuruh menebak nama daerah di Jawa Tengah melalui peta buta," ujar pria yang sekarang menjabat Camat Ambal ini.

Lebih lanjut, Edi Purwoko, mengatakan pada Pesta Siaga kali ini akan dipilih Barung Tergiat I, II dan III. Barung tergiat inilah yang akan mewakili Kabupaten Kebumen pada Pesta Siaga tingkat Korwil Kedu tahun 2019. Yang akan diselenggaran pada 23 Maret 2019 di Kabupaten Temanggung.

980 Pramuka Bersaing Wakili Kebumen di Pesta Siaga Korwil Kedu
Pembukaan Pesta Siaga Tingkat Kabupaten Kebumen 2019 di Halaman Setda Kebumen, Sabtu pagi.
Upacara yang dibuka oleh Bunda Siaga Kwarcab Kabupaten Kebumen, Zuhroh Yazid Mahfudz, ditandai dengan pemukulan kentongan, pelepasan balon ke udara dan pemasangan tanda peserta.

Dalam sambutannya, Zuhroh menyampaikan melalui Pesta Siaga peserta akan berkompetisi, diuji dan dididik mengenai pentingnya kesadaran dan tanggung jawab sebagai Pramuka Siaga.

Mereka akan diasah untuk dapat melaksanakan kewajiban mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki rasa kesetiakawanan, kreatif, rajin, trampil dan gembira, hemat, cermat dan bersahaja.

"Sehingga mampu berperilaku baik sesuai Janji Dwi Satya dan Dwi Darma, di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat," ujar istri Bupati Kebumen Yazid Mahfudz ini.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>