Bikin Kaget! ASN di Kecamatan Ambal dan Prembun Diminta Tes Urine Mendadak

www.inikebumen.net AMBAL - Guna mencegah penyalahgunaan Narkoba dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangppol) Kabupaten Kebumen, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di dua kantor kecamatan. Yakni Kecamatan Ambal dan Prembun. Sidak tersebut digelar pada Rabu, 6 Maret 2019.

Bikin Kaget! Mendadak, 63 ASN di Kecamatan Ambal dan Prembun Diminta Tes Urine
Petugas mengambil sampel urine para ASN di Kecamatan Ambal dan Prembun, Rabu, 6 Maret 2019.
Sebanyak 63 ASN di Kecamatan Ambal dan Kecamatan Prembun itu menjadi sasaran sidak ini. Untuk memastikan mereka tidak menggunakan Narkoba, tim melakukan tes urine kepada mereka. Namun, hasilnya tidak ada satupun ASN  yang terindikasi mengkonsumsi Narkoba.

Sasaran pertama yang disidak tim gabungan yakni para ASN di Kecamatan Ambal. Setiba di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB tim berbagi tugas, Satpol PP dan TNI menyiapkan tempat uji tes urine serta menjaga pintu dan meneliti ruangan bila ada barang yang mencurigakan.

BPPKD memeriksa para pegawai terkait kedisiplinan dan absensi. Sedangkan Dinkes melakukan pengambilan urine dan kemudian petugas Puskesmas Pejagoan bersama Labkesda mengambil sampel uji tes urine.

Dari 32 ASN di Kecamatan Ambal yang diambil urinenya, hasilnya semua dinyatakan negatif. Tak ada indikasi para pegawai ASN di Kecamatan Ambal ini sebagai pengguna narkoba.

Setelah itu tim gabungan menuju ke Kecamatan Prembun. Di kecamatan ini sebanyak 31 ASN diambil urinenya. Setelah melalui analisis yang akurat, hasil tes urine para ASN di Kecamatan Prembun semuanya juga menunjukkan hasil yang negatif. Tak ada satupun ASN menggunakan narkoba.

Kepala Kesbangpol Kebumen, Nurtaqwa Setyabudi, menjelaskan sidak dilakukan sebagai upaya antisipasi dan kewaspadaan terhadap penyalahgunaan penggunaan Narkoba di kalangan ASN.

"ASN harus memberi contoh dan teladan bagi masyarakat. Jika nanti hasil tes dinyatakan negatif, maka hal ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada ASN. Karenanya, nanti kita akan terus lakukan tes urine ini secara berkala kepada seluruh ASN setiap tahunnya," ujar Nurtaqwa.

Nurtaqwa menegaskan, sidak akan terus berlanjut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya dan akibat penyalahgunaan Narkoba. Selain juga unutk menumbuhkan peran aktif masyarakat dalam pemberantasan Narkoba di wilayah Kabupaten Kebumen.

Selain itu,  tes urine ini juga sebagai implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2018-2019.

Kegiatan tersebut juga melibatkan Kodim, Polres, Satpol PP, Disporawisata, Dinkes, dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Kebumen.(*)

Powered by Blogger.