Keren! TPS3R Kembaran Sulap Sampah Plastik jadi Paving Block

www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemerintah Desa Kembaran, Kecamatan Kebumen, melalui TPS 3R Rukun Asri Kembaran mengubah sampah plastik yang selama ini mencemari lingkungan menjadi paving block. Inovasi tersebut bisa menjadi salah satu alternatif mengatasi masalah menumpuknya sampah plastik di Kebumen.

Keren! TPS3R Kembaran Sulap Sampah Plastik jadi Paving Block
Kepala Desa Kembaran, Kecamatan Kebumen, Suparno, menunjukkan paving block dari sampah plastik yang diproduksinya.
Bahkan paving block produksinya memiliki kualitas tiga kali lebih baik dari paving block biasa. Yakni mampu menahan beban hingga berton-ton. Selain itu, harganya juga lebih murah yakni sekitar Rp 5 ribu untuk paving block dengan ketebalan 7 cm.

Kepala Desa Kembaran, Suparno, menjelaskan bentuk paving block berbahan plastik itu persis seperti paving block pada umumnya. Yang membedakan, bobot paving block produksi TPS 3R Kebumen lebih ringan. Selain itu, bahan bangunan tersebut lebih mudah dicat dengan warna cerah.

"Insya Allah ramah lingkungan karena emisi dioksinya (zat-zat berbahaya) kita sedot dan dihilangkan sehingga tidak mencemari lingkungan," terang Suparno.

Suparno, menuturkan paving block produksi TPS 3R Kembaran sudah diujicoba kekuatannya, dengan melindas memakai truk. Kondisi paving block tidak berubah setelah dilindas, tidak pecah dan tidak rusak.

"Karena itu saya berani menjamim kualitas paving block produksi TPS 3R Desa Kembaran," tegas Suparno.

Ia mengaku seluruh produksi dilakukan di Desa Kembaran. Bahkan mesin produksinya dibuat sendiri. Dia meyakini dengan disulapnya sampah plastik menjadi produk bernilai ekonomis ini akan mengurangi siginifikan permasalahan sampah plastik yang selama ini merusak lingkungan.

"Bahan yang kita gunakan semua jenis limbah plastik dijadiakn produk bermanfaat," ucapnya.

Menurutnya, saat ini produksinya masih terkendala belum memiliki mesin pencacah plastik sendiri. Sehingga belum mampu melakukan produksi dalam jumlah besar.

"Kami masih menggunakan mesin kompos. Kalau sudah ada pencacah, kita tingkatkan produktifitasnya," tegasnya.

Sementara itu, Desa Kembaran, Kecamatan Kebumen, memiliki Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) Rukun Asri. Menempati lahan kurang lebih 1000 meter persegi, TPS ini juga menjadi memproduksi pupuk organik.

Adanya, TPS 3R, Desa ini telah mengelola sampah secara mandiri sejak 2014 lalu. Artinya, sudah tidak lagi sampah dari desa tersebut yang dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA). Semuanya dikelola mandiri melalui TPS tersebut.(*)

Powered by Blogger.