Tanamkan Berkendara Aman Sejak Dini, Polres Kebumen Ajari Cara Gunakan Helm yang Benar

Tanamkan Berkendara Aman Sejak Dini, Polres Kebumen Ajari Cara Gunakan Helm yang Benar
Pesserta kegiatan Polisi Sahabat Anak diajari cara memakai helm yang benar di Mapolres Kebumen, Kamis, 28 Maret 2019.  (Foto: Humas Polres Kebumen)
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sat Lantas Polres Kebumen menggencarkan sosialisasi menggunakan helm SNI saat menaiki sepeda motor. Sosialisasi itu digelar pada kegiatan Polisi Sahabat Anak di Mapolres Kebumen, Kamis, 28 Maret 2019.

Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede melalui Kasubbag Humas AKP Suparno, menjelaskan helm ber-SNI merupakan kelengkapan berkendara yang wajib dikenakan oleh para pengendara sepeda motor.

"Helm yang terpasang dengan baik, dapat mengurangi angka fatalitas pada kecelakaan Lalulintas. Helm akan melindungi kepala, saat berbenturan dengan benda keras," terang Suparno.

Selain menjadi peraturan, lanjut dia, menggunakan helm SNI merupakan kepentingan seluruh pengendara untuk mendapatkan keamanan saat berkendara.

"Sebetulnya bukan hanya para orang dewasa saja yang wajib mengenakan helm. Anak-anak juga berhak mendapatkan keamanan jiwanya saat berkendara," tegasnya.

Suparno mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 402 anak TK dan PAUD. Mereka Diajari cara memasang tali pengaman pada helm hingga berbunyi "klik".

Para peserta juga diajarkan, jika tali yang mengaitkan ke dagunya kurang kencang (saat mengenakan helm), untuk memberitahukan kepada orangtuanya untuk dipasang secara pas.

"Ilmu ini sangat bermanfaat sekali. Meski sepele, penggunaan helm dengan benar, dapat melindungi dari fatalitas kecelakaan Lalulintas," imbuhnya.

Selain mendapat materi tentang menggugkan helm dengan benar, mereka juga diajak bermain dan bernyanyi bersama. Anak-anak diberikan kesempatan berkeliling di Mapolres Kebumen melihat secara dekat tugas polisi dan dikenalkan kendaraan dinas polisi yang biasa digunakan untuk patroli.

Program "Polisi Sahabat Anak" adalah program unggulan Polres Kebumen. Kegiatan tersebut digelar agar para anak-anak dapat lebih dekat dengan polisi, dan menjadikan polisi sebagai sahabatnya.

Salah satu murid TK IT Azzahra Kecamatan Karanganyar, Naura Nadhifa Fauzhara (6) mengaku senang bisa bermain dan belajar di Polres Kebumen. Dia bersama dengan teman-temannya mendapatkan kesempatan mengikuti program polisi sahabat anak pada.

Kanit Dikyasa Ipda Junaedi Adil  mengatakan, TK dan Paud dari manapun boleh mengikuti program "Polisi Sahabat Anak". Para calon sekolah yang akan mengikuti program "Polisi Sahabat Anak" mengajukan surat permohonan kepada Sat Lantas Polres Kebumen untuk mengikuti program tersebut.

"Seluruh TK dan Paud diperbolehkan untuk ikut di program ini. Bisa mengajukan surat permohonan ke Sat Lantas Polres Kebumen. Nanti akan kita undang," ucapnya.(*)
Powered by Blogger.