5 Mei Sore, Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadhan Digelar di Pantai Pedalen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

5 Mei Sore, Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadhan Digelar di Pantai Pedalen

5 Mei Sore, Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadhan Digelar di Pantai Pedalen
Rukyatul hilal atau pengamatan bulan di Pos Observasi Bulan (POB) Pedalen untuk menentukan awal Ramadhan.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Rukyatul Hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1440 Hijriyah bakal digelar pada Minggu sore, 5 April 2019. Rukyatul hilal akan dipusatkan di Pos Observasi Bulan (POB) di Pantai Pedalen Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kebumen H Panut, menjelaskan rukyatul hilal dilakukan oleh Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kebumen.

"Rencananya kita akan kumpul di Pantai Pedalen bersama Forkompimda pada pukul 16.30 WIB," ujar H Panut, kepada inikebumen, belum lama ini.

Rukyatul hilal tersebut akan digelar setelah matahari terbenam (bakdal ghurub). Hal ini dilakukan, kata dia, sesuai perintah Rasulullah SAW, bahwa melihat hilal hanya dapat dilakukan setelah maghrib dan tidak bisa sebelum maghrib.

Kementerian Agama Kabupaten Kebumen juga memperkirakan 1 Ramadhan 1440 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019 mendatang. Namun, keputusan tersebut akan diputuskan melalui sidang isbat oleh Kementerian Agama RI.

"Kalau prediksinya tahun ini, baik Muhammadiyah maupun pemerintah awal Ramadhan akan mulai pada tanggal 6 Mei," terangnya.

Ia menambahkan, rukyatul hilal jug akan dihadiri oleh semua pemuka agama islam, termasuk dari kalangan Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, dan ormas islam lainnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>