Gali Tanah untuk Tambak Udang, Muslim Temukan Mortir Aktif

Gali Tanah untuk Tambak Udang, Muslim Temukan Mortir Aktif
Lokasi penemuan mortir aktif di Desa Karangrejo, Kecamatan Petanahan (Foto: Humas Polres Kebumen)
www.inikebumen.net PETANAHAN - Warga Petanahan digegerkan dengan ditemukannya mortif aktif digalian tambak udang di kawasan Pantai Desa Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Sabtu sore, 20 April 2019. Mortir itu diduga sebagai sisa masa perang.

Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede melalui Kasubbag Humas AKP Suparno, menjelaskan pertama kali mortir ditemukan oleh Muslim (37) warga Desa Pandanlor, Kecamatan Klirong Kebumen, yang tengah membuat tambak udang.

"Saat menggali cangkul milik warga menghantam benda mirip mortir itu," terangnya didampingi Kapolsek Petanahan AKP Masngudin.

Benda keras dengan bentuk lonjong dan tertutup pasir laut diyakini warga adalah semacam alat yang dapat meledak.  Beruntung warga yang setengah penasaran, lantas tidak langsung gegabah membersihkan benda tersebut. Warga bahkan langsung melaporkan ke Polsek Petanahan agar temuannya segera diamankan dan tidak membahayakan orang di sekitar.

Gali Tanah untuk Tambak Udang, Muslim Temukan Mortir Aktif
Mortir aktif yang ditemukan warga
AKP Masngudin, menambahkan mendapat laporan itu pihaknya langsung mendatangi lokasi dan memasang garis polisi. "Selanjutnya, kita berkoordinasi dengan Brimob agar segera dimusnahkan," ungkap AKP Masngudin.

Sabtu sore, sekitar pukul 15.30, mortir tersebut ahirnya dimusnahkan polisi. Pemusnah atau disposal dilakukan di Pantai Desa Karangrejo dengan melibatkan tim penjinak bom Brimob Purwokerto. Pemusnahan dipimpin langsung oleh Iptu Muslih Brimob Purwokerto dan dihadiri Satpol PP dan Koramil setempat.(*)
Powered by Blogger.