Hari Pertama Kerja sebagai Wabup Kebumen, Arif Sugiyanto Langsung Buka Rakor Ekuinda

Hari Pertama Kerja sebagai Wabup Kebumen, Arif Sugiyanto Langsung Buka Rakor Ekuinda
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, membuka Rakor Ekonomi Keuangan dan Industri Daerah (Ekuinda) dalam rangka menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H di Pendopo Rumdin Bupati, Selasa pagi.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sehari setelah dilantik, Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, langsung bekerja. Agenda pertama sebagai orang nomor dua di Kabupaten Kebumen itu yakni membuka Rakor Ekonomi Keuangan dan Industri Daerah (Ekuinda) dalam rangka menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H di Pendopo Rumdin Bupati, Selasa pagi, 30 April 2019.

Rakor tersebut dihadiri oleh Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Wakapolres Kebumen Kompol Prayuda Widiatmoko, serta pejabat lintas sektor di Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan beberapa isu yang perlu diantisipasi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Diantaranya, peningkatan permintaan dan harga kebutuhan pokok masyarakat, peningkatan kebutuhan akan layanan transportasi dan sarana penunjang (infrastruktur). Peningkatan kerawanan arus lalu-lintas karena naiknya volume kendaraan, sehingga berpotensi terjadi kecelakaan dan kemacetan.

Kemudian, peningkatan kebutuhan BBM dan Gas (Premium, Pertamax, Solar dan LPG), serta peningkatan potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban masyarakat (trantibmas).

"Untuk dapat mengendalikan kondusifitasnya, maka diperlukan koordinasi dan kerjasama lintas sektoral," ujar Arif Sugiyanto

Menurutnya, dibutuhkan langkah-langkah untuk mengantisipasinya. Antara lain menjamin ketersediaan stok barang kebutuhan pokok masyarakat. Melakukan monitoring ketersediaan dan kelancaran distribusi barang.

Selain itu juga perlu pengawasan terhadap makanan dan minuman kadaluwarsa dan yang terindikasi mengandung bahan kimia berbahaya. Baik di pasar tradisional maupun pasar modern.

"Menjamin ketersediaan pasokan Elpiji dan BBM. Kita perlu mengajukan penambahan kuota Elpiji dan BBM pada PT Pertamina," kata dia.

Pemkab Kebumen juga akan meningkatkan pelayanan arus mudik dan arus balik. Termasuk pemasangan rambu-rambu lalu lintas, pemeriksaan kelaikan angkutan lebaran, perbaikan jalan dan jembatan baik yang berada di jalur utama maupun jalur alternatif.

"Kita juga menyiapsiagakan tanggap darurat bencana guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Membuka layanan on call 24 jam bagi masyarakat. Serta menyelenggarakan posko lebaran terpadu 2019," imbuhnya.

Ia menambahkan, Rakor Ekuinda tersebut sangat penting untuk menyinkronkan dan berkoordinasi dengan masing-masing OPD maupun instansi terkait. "Sehingga masyarakat akan terlayani dengan baik dan dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan khusyu," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.