Lazismu Kebumen Galang Dana Bantuan Banjir Bandang Sentani

Lazismu Kebumen Galang Dana Bantuan Banjir Bandang Sentani
Lazismu Kebumen melakukan penggalangan dana untuk korban banjir bandang Sentani, Papua.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Banjir bandang yang melanda Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Jum'at, 15 Maret 2019 sudah berakhir masa tanggap daruratnya pada 29 Maret 2019.

Menurut Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, sesuai kesepakatan bersama pihak terkait penanganan banjir bandang Sentani, masa tanggap darurat berlangsung selama 14 hari, berlanjut transisi darurat menuju pemulihan.

Di tengah gempita masa kampanye Pemilu 2019, kepedulian terhadap korban banjir bandang Sentani terasa berkurang dibanding korban bencana sebelumnya seperti gempa Lombok, tsunami Palu dan Donggala serta tsunami Banten dan Lampung. Warga Muhammadiyah Kebumen, dengan dikoordinir Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) menggalang dana bantuan untuk korban banjir bandang Sentani.

Penggalangan dana antara lain dilakukan melalui filantropy student yang dilaksanakan siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 (SMP Mutu), SMP Muhammadiyah 2 (SPEMUDA) dan Muhammadiyah Islamic Boarding School (MIBS) Kebumen, terkumpul Rp 1.623.900. Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Kebumen berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 7.821.000. Sehingga sampai saat ini, dana bantuan untuk Sentani sudah terkumpul sebesar Rp16.524.900.

"Penggalangan dana ini merupakan bentuk keprihatinan dan solidaritas di tengah gemerlap kampanye yang seakan gaung bencana ini tidak terdengar," ujar Plt Direktur Eksekutif Lazismu Kebumen Nurnakhudin.

Bagi masyarakat yang mau ikut membantu melalui Lazismu, Nurnakhudin mempersilahkan untuk langsung transfer ke Bank BRI Syariah dengan nomor rekening 103-509-5884 atas nama Lazismu Dana Kemanusiaan Kebumen.

"Bagi yang sudah transfer bisa konfirmasi ke nomor hp/wa 0812 2508 0009. Demikian juga bila menginginkan donasi diambil langsung oleh petugas bisa menghubungi nomor tersebut," tambah Nurnakhudin.

Selain penggalangan dana kemanusiaan yang bersifat insidensil, Lazismu juga mengumpulkan dana untuk anak yatim.

"Beberapa waktu lalu kami menerima bantuan santunan anak yatim dalam rangka kegiatan Bahtsul Masail 9 Kabupaten dan Dialog Interaktif yang diselenggarakan oleh Forum Persatuan Pondok Pesantren Kebumen (FP3K)," lanjutnya.

Berikutnya dalam dialog interaktif Jumat, 29 Maret 2019 malam lalu di Ponpes Nurul Hidayah Bandung, Kecamatan Kebumen, Lazismu menyantuni 50 anak yatim dari beberapa santri pondok pesantren di Kebumen.

Selain itu setiap pekan pada kegiatan car free day (CFD) di alun-alun Kebumen, Lazismu Kebumen juga membuka both di depan Masjid Agung.

"Bersama relawan-relawan Lazismu kami mengajak masyarakat untuk membantu warga masyarakat yang kurang mampu, sekaligus membuka konsultasi zakat," pungkas Nurnakhudin.(*)
Powered by Blogger.