Header Ads

Mulai Hari ini, 16 Desa Ramaikan Festival Desa Wisata di Alun-alun Kebumen

Mulai Hari ini, 16 Desa Ramaikan Festival Desa Wisata Kebumen
Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono (paling kanan), Dandim 0709 Kebumen Letkol Zamril Philiang, Kepala Disporawisata Azam Fatoni dan Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede, mencoba alat angklung di stand Desa Kretek, Kecamatan Rowokele.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 16 desa mengikuti Festival Desa Wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kabupaten Kebumen di Alun-alun Kebumen, 26-28 April 2019. Acara tersebut dibuka oleh Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Jumat pagi, 26 April 2019.

Pembukaan ditandai penghancuran kendi dan pelepasan merpati oleh Sekda, Dandim 0709 Kebumen Letkol Zamril Philiang, Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede, dan Kepala Disporawisata Azam Fatoni.

Azam Fatoni menjelaskan, sebenarnya di Kabupaten Kebumen rintisan desa wisata sudah ada 40 desa. Dari jumlah itu yang sudah resmi berjalan sebanyak 22 desa. Namun, yang mengikuti festival tersebut hanya 16 desa.

"Karena syaratnya desa wisata itu harus ada pengelola, ada manajemen, dan harus sudah produk yang menghasilkan," terang Azam Fatoni, kepada inikebumen disela-sela acara pembukaan.

Pada festival yang digelar selama tiga hari tersebut akan diisi pameran produk wisata, paparan potensi desa wisata hingga apresiasi seni. Selain itu, masing-masing desa akan menampilkan potensi unggulan. Mulai dari daya tarik wisata, kuliner, produk kerajinan dan kesenian.

Dalam sambutannya, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, mengatakan Festival Desa Wisata merupakan ajang promosi dan media inovasi bagi para pengelola desa wisata untuk semakin meningkatkan kualitas pariwisata di desa wisatanya.

Desa wisata dengan segala keunikan yang dimilikinya harus dikelola dengan baik, profesional dan harus dapat memberikan kepuasan kepada para wisatawan. Berbagai potensi yang dimiliki oleh desa wisata harus dikemas dengan apik dan menarik.

"Saya berharap desa-desa wisata yang ada di Kabupaten Kebumen dapat berkembang dengan baik. Dengan tetap mempertahankan ciri khas, karakter keunikan dan keunggulan masing-masing," ujarnya.

Ia menambahkan, karakter desa wisata yang beragam harus tetap dipertahankan. Karena pada hal tersebut terdapat daya tarik utama bagi para pengunjung. "Sehingga kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kebumen semakin meningkat," tegasnya.(*)
Powered by Blogger.