Semua Kantor di Kebumen Diimbau Sediakan Ruang Bermain Anak

Semua Kantor di Kebumen Diimbau Sediakan Ruang Bermain Anak
Puluhan anak didik TK Pertiwi Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen, mengikuti lomba mewarnai di halaman Setda Kebumen, belum lama ini.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemkab Kebumen mengimbau setiap kantor, baik kantor pemerintah maupun swasta agar menyediakan tempat khusus untuk bermain anak-anak. Hal ini dilakukan untuk mendukung predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) yang disandang Kabupaten Kebumen.

"Kami berharap semua OPD BUMN, BUMD yang memberikan layanan masyarakat agar memberikan sudut atau ruangan untuk kegiatan anak-anak. Baik itu tempat bermain maupun tempat yang aman dan terlindungi untuk anak-anak," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dispermades P3A) Kebumen, Frans Haidar, belum lama ini.

Selain itu, ruang tersebut juga untuk menghindarkan anak-anak dari rokok. "Semuanya arahnya pada perlindungan anak," tegasnya.

Untuk diketahui, lima tahun terakhir Kabupaten Kebumen berhasil meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (RI). Yaitu pada tahun 2012, 2013, 2015, 2017, 2018. Tahun ini, Pemkab Kebumen menargetkan bisa naik kelas yakni dapat meraih penghargaan tingkat Madya

"Pada tahun 2019 ini akan dilaksanakan penilaian kembali oleh Kementerian PPPA Republik Indonesia. Besar harapan saya, agar pada tahun 2019 ini ada peningkatan dari yang sebelumnya Pratama menjadi tingkat Madya," kata Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

Kategori perolehan dalam Kabupaten Layak Anak terdiri dari 5 kategori. Yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama dan Kabupaten Layak Anak (KLA).

"Peningkatan kualitas layanan bagi anak serta pelibatan peran serta masyarakat adalah penting. Karenanya, perlu terus mengajak anak dan masyarakat terlibat dan merasakan hasil pengembangan KLA yang sudah pemerintah daerah lakukan," ujarnya.(*)
Powered by Blogger.