Header Ads

Unik, di TPS ini Jokowi dan Prabowo Raih Suara Draw

Unik, di TPS ini Jokowi dan Prabowo Raih Suara Draw
Proses rekapitulasi suara pemilu di Aula Kecamatan Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Ada hal unik yang terjadi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, yaitu kedua pasangan calon (paslon) memperoleh suara yang sama. Untungnya hal itu hanya terjadi di salah satu TPS di Kebumen.

Peristiwa unik yang tergolong langka itu terjadi di TPS 2 Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen. Kedua paslon sama-sama memperoleh suara 88, dari 178 pemilih yang menggunakan hak suaranya. Sementara 2 suara lainnya dinyatakan tidak sah. Pemilih yang tercantum dalam DPT ada 229, sehingga tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 77,73 persen.

Sedangkan di TPS 1 Desa Kutosari, Prabowo-Sandi hanya unggul 1 suara dari Jokowi-Ma'ruf Amin. Dari 170 pemilih yang menggunakan haknya, pasangan 01 meraih 82 suara dan 02 mendapatkan 83 suara, 5 suara dinyatakan tidak sah. Ada 237 pemilih yang terdaftar, sehingga tingkat partisipasi masyarakat 71,73 persen.

Data dari dua TPS yang tergolong unik ini, diketahui publik saat berlangsung Rapat Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kebumen yang berlangsung di Aula Kecamatan Kebumen, Sabtu, siang 20 April 2019.

Rapat yang berlangsung sejak kemarin sore, sampai sekitar pukul 02.30 dini hari baru menyelesaikan perhitungan Desa Kembaran, yang terdiri dari 6 TPS.

Sabtu pagi, sekitar pukul 09.00 dilanjutkan dengan penghitungan secara paralel, tiga desa sekaligus. Yakni Adikarso (13 TPS) , Kutosari (19 TPS) dan Bandung (13 TPS).

"Tak semua saksi partai mengikuti proses rekapitulasi penghitungan suara. Kalaupun mengikuti tak semuanya membawa dokumen C1 yang diperoleh dari saksi TPS untuk dicocokkan saat rekapitulasi," jelas Achmad Marzoeki, yang sempat melihat proses rekapitulasi di Aula Kecamatan Kebumen.

Unik, di TPS ini Jokowi dan Prabowo Raih Suara Draw
Hasil perolehan suara pilpres di TPS 5 Desa Kutosari Kecamatan Kebumen
Menurutnya hanya saksi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang membawa dokumen C1 dari TPS. Saksi dari beberapa partai lain, seperti Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat dan Partai Golongan Karya (Golkar) hanya menunggu hasil rekapitulasi.

"Saya sempat bertemu mantan Sekretaris DPD PKS Kebumen, Achmad Kurniawan membawa satu bendel C1," imbuhnya.

Jika rekapitulasi penghitungan manual tingkat PPK Kebumen baru sampai 4 desa (51 TPS), rekapitulasi secara online sudah terkumpul 111 dari 428 TPS. Hasil rekapitulasi yang dilakukan dengan pemindaian C1 tersebut bisa dilihat pada laman Situng KPU https://pemilu2019.kpu.go.id.

Untuk pemilihan DPRD Kabupaten, dari 29 desa/kelurahan masih ada 10 desa/kelurahan yang sama sekali belum menyerahkan data C1 untuk diunggah di Situng KPU. Kesepuluh desa/kelurahan itu adalah Bandung, Bumirejo, Depokrejo, Jatisari, Jemur, Kalibagor, Kalirejo, Kebumen, Kutosari dan Sumberadi.(*)
Powered by Blogger.