Wow! Realisasi PBB Kebumen Tahun Lalu Terealisasi 102 Persen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Wow! Realisasi PBB Kebumen Tahun Lalu Terealisasi 102 Persen

Wow! Realisasi PBB Kebumen Tahun Lalu Terealisasi 102 Persen
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, menyerahkan penghargaan kepada wajib pajak pada acara Pekan Panutan Pembayaran dan Gebyar Apresiasi PBB tahun 2019 di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Kamis pagi, 4 April 2019.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Realisasi pendapatan dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Kebumen terbilang cukup tinggi. Tahun lalu, jumlah desa lunas PBB sebelum jatuh tempo Juli 2018 sebanyak 304 desa dengan nilai Rp 23,29 miliar.

Sedangkan, sampai Desember 2018 terealisasi Rp 41,935 miliar atau 102 persen dari target dengan jumlah desa lunas 403 desa. Bahkan pada 2019, hingga 31 Maret realisasinya telah tercapai sebesar sebesar Rp 17,77 miliar. Atau 35,74 persen dari target sebesar Rp 45 miliar.

"Dari total 26 kecamatan, 460 desa/kelurahan, yang telah Lunas PBB-nya sebanyak 1 Kecamatan, 117 desa dan 1 kelurahan," ujar Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, pada acara Pekan Panutan Pembayaran dan Gebyar Apresiasi PBB tahun 2019 di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Kamis, 4 April 2019.

Bupati menyampaikan, tahun ini Kabupaten Kebumen telah menetapkan APBD sebesar Rp 2,8 triliun lebih. Dengan kondisi pendapatan daerah yang masih didominasi oleh dana pusat berupa dana perimbangan, baik DAU, DAK, maupun dana bagi hasil pajak.

"PAD tahun ini, kita targetkan meningkat 10 persen dari tahun 2018. Yaitu dari Rp 364 miliar menjadi Rp 401 miliar," ungkapnya.

Menurutnya, optimalisasi PAD dari sektor pajak dan retribusi juga terus dilakukan. Salah satunya dengan sistem monitoring online penerimaan pajak daerah.

Apalagi, seluruh kabupaten/kota di Jateng telah sepakat dengan penerapan sistem pajak online. Yaitu dengan ditanganinya perjanjian kerja sama antara bupati/walikota se-Jateng dengan KPK dan Bank Jateng.

"Dengan kesepakatan ini, maka seluruh transaksi pajak baik sektor perhotelan, restoran, tempat hiburan maupun parkir bisa dilakukan secara online dan bisa dipantau. Ini merupakan wujud komitmen kita untuk mengoptimalkan penerimaan di sektor pajak, termasuk untuk mengurangi kebocoran," tegasnya. 

Hadir pada acara itu, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Kebumen, Drs Aden Andri Susilo, Kepala BAP3DA Kebumen Ir Hj Pudji Rahaju. Para camat dan sejumlah wajib pajak di Kabupaten Kebumen.

Pada kesempatan itu, diserahkan hadiah kepada 2 kecamatan dengan prosentase pelunasan PBB terbesar. Yaitu Kecamatan Prembun dan Adimulyo. Selain itu, juga penghargaan kepada desa lunas PBB tahun 2018 tepat waktu serta pengundian hadiah bagi wajib pajak.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>