Header Ads

Minim Pendamping Pertanian PNS, Distapang Kebumen Rekrut 63 THL

Minim Pendamping Pertanian PNS, Distapang Kebumen Rekrut 63 THL
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, melakukan pembinaan kepada THL pada Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen.
www.inikebumen.net PEJAGOAN - Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen tahun ini merekrut 63 orang Tenaga Harian Lepas (THL). THL tersebut merupakakn tenaga pendamping pertanian dan pendamping peternakan.

Kepala Distapang Kebumen, Tri Haryono, menjelaskan jumlah THL pendamping pertanian 42 orang dan pendamping peternakan 21 orang. Dengan latar belakang pendidikan 13 orang lulusan D3, 49 orang lulusan S1 dan 1 orang lulusan S2.

"Untuk laki-lakinya ada 23 orang dan perempuan 40 orang," terang Tri Haryono, pada acara pembinaan THL Pendamping Pertanian d Aula Distapang Kebumen di Desa/Kecamatan Pejagoan, Kamis, 16 Mei 2019.

Ia menjelaskan, tenaga pendamping tersebut merupakan hasil seleksi tahun 2018 yang dilakukan secara ketat. Sehingga diyakini mampu bekerja profesional sebagai pendamping.

"Tenaga pendamping pertanian sangat dibutuhkan karena semakin berkurangnya SDM aparat Distapang yang bertugas di desa dan kecamatan," ujarnya.

Disi lain, lanjut Tri Haryono, petani di Kebumen sampai saat ini belum mampu mandiri dan selalu mengharapkan adanya bimbingan dari petugas secara berkelanjutan.

Hadir langsung memberikan pengarahan pada pembinaan tersebut, Wakil Bupati Kebuemen Arif Sugiyanto. Turut mendampingi Wakil Bupati, Kepala Distapang Tri Haryono, Asisten 2 Sekda Nugroho Tri Waluyo, dan Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Asep Nurdiana.

Dalam arahannya, Wakil Bupati menyampaikan Pemkab Kebumen sangat serius menangani sektor pertanian. Oleh karenanya, para THL pendamping pertanian memiliki peran sangat penting.

"Tenaga pendamping agar dapat berinteraksi dengan para petani dan stakeholder.  Untuk itu perlu persiapan ilmu, pengetahuan dan ketrampilan serta kemampuan yang baik,” kata dia.(*)
Powered by Blogger.