Header Ads

Nanti Sore, Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadan Digelar di Pantai Pedalen

Nanti Sore, Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadan Digelar di Pantai Pedalen
POB Pedalen di Kecamatan Ayah tempat paling ideal untuk melihat hilal
www.inikebumen.net KEBUMEN - Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kebumen bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen akan melakukan rukyatul hilal di Pos Observasi Bulan (POB) Pantai Pedalen Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, nanti sore, Minggu, 5 Mei 2019.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kebumen H Panut, menjelaskan rukyatul hilal untuk menentukan awal ramadan digelar nanti sore karena bertepatan dengan 29 Sya'ban.

Tenggelamnya matahari saat maghrib akan dihitung sebagai hari ke-29 dan melihat munculnya bulan sabit sebagai penentu jatuhnya bulan ramadan atau tanggal 1 Hijriah. Jika bulan sabit muda pertama belum terlihat maka akan digenapkan 30 hari.

"Rencananya kita akan kumpul di Pantai Pedalen bersama Forkompimda pada pukul 16.30 WIB," ujar H Panut, kepada inikebumen, belum lama ini.

Rukyatul hilal tersebut akan digelar setelah matahari terbenam (bakdal ghurub). Hal ini dilakukan, kata dia, sesuai perintah Rasulullah SAW, bahwa melihat hilal hanya dapat dilakukan setelah maghrib dan tidak bisa sebelum maghrib.

Kementerian Agama Kabupaten Kebumen juga memperkirakan 1 Ramadhan 1440 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019 mendatang. Namun, keputusan tersebut akan diputuskan melalui sidang isbat oleh Kementerian Agama RI.

"Kalau prediksinya tahun ini, baik Muhammadiyah maupun pemerintah awal Ramadhan akan mulai pada tanggal 6 Mei," terangnya.

Ia menambahkan, rukyatul hilal jug akan dihadiri oleh semua pemuka agama islam, termasuk dari kalangan Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, dan ormas islam lainnya.(*)
Powered by Blogger.