Header Ads

Sempat Tertutup Awan, Rukyatul Hilal di Pedalen Berhasil Lihat Bulan Muda

Sempat Tertutup Awan, Rukyatul Hilal di Pedalen Berhasil Lihat Bulan Muda
Proses rukyatul hilal di POB Pedalen Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Minggu petang, 5 Mei 2019.
www.inikebumen.net AYAH - Meski sempat tertutup awn, rukyatul hilal yang digelar di Pos Observasi Bulan (POB) Pantai Pedalen di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Minggu petang, 5 Mei 2019 berhasil melihat hilal sempurna. Bahkan ada empat orang dapat melihat langsung posisi bulan muda dengan menggunakan teleskop.

Salah satu saksi yang melihat langsung yakni Anggota Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Banyumas KH Hasan Murtado dan Sekretaris PCNU Kabupaten Banyumas Amin Makhasin.

Hasan Murtado mengaku dirinya melihat posisi hilal berada 6 derajat dari puncak cakram matahari 2 menit setelah ghurub. Posisi tersebut dilihat menggunakan teropong tradisional. "Lamanya sekitar 30 detik," tuturnya.

Hal yang sama dikatakan Amin Makhasin. Dia melihat posisi hilal 6 derajat dengan posisi berada di selatan matahari. Pihaknya sangat meyakini, yang dilihatnya itu hilal atau bulan muda.

Tim ahli BHRD Kebumen, Ma'rufin Sudibyo menjelaskan,  engan terlihatnya hilal dari POB Pedalen awal ramadan 1440 hijriah jatuh pada Senin, 6 Mei 2019.

Pengamatan itu dimulai pukul 17.32 hingga 18.02 WIB. Data hisab kontemporer menunjukkan matahari terbenam terjadi pada pukul 17.35 WIB, pada saat itu lama bulan diatas ufuk 27 menit.

Sedangkan lebar sabit hilal 0,25 menit busur. Umur bulan 11,81 jam, dengan tinggi hilal diatas 5 derajat dari puncak cakram matahari ke dasar cakram matahari.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kebumen bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dan Pemkab Kebumen.

Hadir pada Rukyatul Hilal tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Panut, Kepala Kemenag Cilacap Imam Tobroni, tokoh NU, Muhammadiyah dan LDII.

Selain juga hadir Ketua MUI Kebumen, serta Tim BHRD Kabupaten Pubalingga, Wonosobo, Banjarnegara, Banyumas dan Cilacap. Rukyatul Hilal kali ini juga diikuti oleh BMKG Banjarnegara.(*)
Powered by Blogger.