Wabup Kebumen: Bantuan Ayam untuk Warga Miskin itu Program Pemerintah Pusat

Wabup Kebumen: Bantuan Ayam untuk Warga Miskin itu Program Pemerintah Pusat
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, saat menyampaikan sambutan pada acara buka puasa bersama kepala desa se Kabupaten Kebumen di Lapangan Tenis Rumdin Wakil Bupati Kebumen, Minggu, 19 Mei 2019.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sepekan terakhir Pemkab Kebumen dikritik habis-habisan oleh para netizen terkait dengan pembelian kendaraan dinas baru untuk para camat dan bantuan ayam ternak untuk warga miskin.

Pengguna sosial media menyayangkan kebijakan pemerintah daerah itu yang dinilai telah menyakiti hati rakyat. Apalagi saat ini Kabupaten Kebumen masih termasuk daerah termiskin kedua di Jawa Tengah. Belum lagi, banyak jalan di Kabupaten Kebumen yang rusak.

Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, memberikan klarifikasi terkait kebijakan dua program tersebut. Klarifikasi disampaikan pada acara Buka Bersama Bupati dan Wakil Bupati Kebumen dengan Kepala Desa se Kabupaten Kebumen di Lapangan Tenis Komplek Rumdin Wakil Bupati, Minggu sore, 19 Mei 2019.

"Terkait dengan (kendaraan dinas baru Avanza) Veloz dan bantuan ayam itu substansinya beda," tegas Arif Sugiyanto, dihadapan para kepala desa se Kabupaten Kebumen.

Menurutnya kendaraan dinas untuk 26 camat dan 2 kepala bagian Setda Kebumen itu sudah direncanakan sejak lama. Pengadaannya telah sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan disetujui oleh DPRD Kebumen. "Ini dibiayai oleh APBD Kabupaten Kebumen," ucapnya.

Kendaraan dinas baru berupa mobil tersebut untuk menggantikan mobil dinas lama Toyota Avanza pengadaan tahun 2007. Sedangkan, kendaraan dinas baru berupa Toyota Avanza Veloz.

Total kendaraan dinas baru sebanyak 28 mobil Toyota Avanza Veloz. Yang diperuntukan 26 camat yang ada di Kabupaten Kebumen, serta untuk Kabag Humas dan Kabag Pemerintahan Setda Kebumen.

Baca juga:
> Wow, Ada 9.369 Warga Miskin di Kebumen Bakal Terima Bantuan 468.450 Ekor Ayam
> Mobil Dinas 26 Camat di Kebumen Diganti Toyota Avanza Veloz, Harga Per Unitnya Rp 221 Juta

Adapun anggaran yang digunakan untuk pengadaan mobil baru tersebut sebesar Rp 6,188 miliar yang berasal dari APBD Kebumen 2019. Setiap satu unit mobil ini harganya Rp 221 juta.

Sedangkan, terkait bantuan ayam merupakan program dari Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Veteriner Wates. Program ini merupakan bagian dari upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Kebumen.

Kabupaten Kebumen tahun ini menerima bantuan 468.450 ekor ayam untuk 9.369 Rumah Tangga Miskin (RTM) di 51 desa yang tersebar di 5 kecamatan. Yakni
Kecamatan Sadang, Karangsambung, Alian, Poncowarno, dan Kecamatan Kutowinangun.

Tak hanya menerima bantuan ayam, tetapi juga mendapat bantuan pakan total 1.405.350 kg, 9.369 paket obat dan 9.369 kandang. Sedangkan, masing-masing RTM mendapatkan 50 ekor ayam.

"Jadi bukan Pemkab Kebumen yang menganggarkan bantuan ayam. Tolong ini disampaikan kepada masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, acara buka puasa bersama para kades dihadiri oleh Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Dispermades P3A Frans Haidar, serta sejumlah pejabat lainnya.(*)
Powered by Blogger.