Header Ads

Waduh! di Kebumen Baru Ada Empat PKBM Terakreditasi

Waduh! di Kebumen Baru Ada Empat PKBM Terakreditasi
Pengurus DPD FK PKBM Kabupaten Kebumen masa bakti 2019-2024 dilantik Hotel Mexolie Kebumen, Kamis, 25 April 2019 lalu.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Dari 21 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang menjadi anggota Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) Kabupaten Kebumen, ternyata baru empat PKBM yang sudah diakreditasi.

Hal itu dikemukakan Timbul Nugroho SPd usai dilantik menjadi Ketua DPD FK PKBM Kabupaten Kebumen masa bakti 2019-2024 di Hotel Mexolie Kebumen, Kamis, 25 April 2019 lalu.

"Karena itu semua lini organisasi diharapkan mampu menjalin kerjasama, mau bekerja keras dan serius dalam menjalankan program. Masih banyak yang perlu dibenahi terkait keberadaan PKBM sebagai satuan pendidikan," ujar Timbul.

Ketua DPW FK PKBM Jawa Tengah H Moch Isman, dalam sambutannya usai melantik, mengingatkan beberapa tugas dan fungsi FK PKBM yang perlu dipahami pengurus. Menurutnya FK PKBM perlu meningkatkan silaturahmi dan kerja sama dengan mitra khususnya Dinas Pendidikan sebagai pembina.

"FK PKBM juga harus bisa menjadi pusat informasi untuk anggotanya terkait dengan kebijakan pemerintah," tegasnya.

H Moch Isman mengibaratkan FK PKBM sebagai jembatan penghubung antara pemerintah, dalam hal ini Dinas Pendidikan dengan anggota-anggota FK PKBM.

"Untuk itu FK PKBM harus bisa menyampaikan aspirasi anggotanya dan mampu menjadi pengendali anggotanya sebagai satuan pendidikan di Kabupaten Kebumen," lanjutnya.

Kepala Bidang PAUD Dikmas dan Kebudayaan Aminah SPd MM, yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan, menyampaikan harapannya agar para pengurus baru tetap dalam koridor track on the track, siap siaga.

"Para pengurus baru hendaknya bisa membangun kerja sama secara terstruktur dan gotong royong. Perbanyak belajar karena dunia ini cepat perubahannya. Meski demikian tetap low profile agar terbangun kerjasama yang nyaman, sehingga  forum bisa menjadi sarana memperlancar kinerja dan program," pesannya.

Kepengurusan DPD FK PKBM Kabupaten Kebumen masa bakti 2019-2024 sebenarnya sudah terbentuk pada 18 Januari 2019. Pelantikan yang dilaksanakan pada Hari Pendidikan Nasional menurut pengurus Bidang Publikasi, Usaha dan Kerjasama, Nurnakhudin, SPd.I, merupakan momentum yang sangat tepat.

"Ada muatan filosofis, sekaligus memberi pesan pentingnya peran PKBM sebagai satuan pendidikan non formal yang memiliki tanggung jawab dan kontribusi bagi suksesnya program peningkatan pendidikan bagi masyarakat luas. Terlebih bagi masyarakat yang kurang beruntung sehingga tidak bisa menikmati sekolah formal," jelasnya.

Hadir dalam pelatikan DPD FK PKBM Kabupaten Kebumen, antara lain Kasi Dikmas Jumadi SPd MMPd, serta lembaga-lembaga mitra, seperti Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM), DPC HIPKI, IGTKI dan Himpaudi.(*)
Powered by Blogger.