Pangdam IV/Diponegoro Buka Persami Saka Wira Karya di Lapangan Tembak Sempor

Saka Wira Kartika terbentuk sesuai MoU antara Kepala Staf Angkatan Daear (Kasad) dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka di Makodam Jaya pada 2007.
Pangdam IV/Diponegoro Buka Persami Saka Wira Karya di Lapangan Tembak Sempor
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi (berkumis), didampingi Waaster KASAD Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo dan Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, meninjau lokasi Persami Saka Wira Karya.
www.inikebumen.net SEMPOR - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, membuka Perkemahan Sabtu-Minggu Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Kodam IV/Diponegoro di Lapangan Tembak Secata Desa Pekuncen Kecamatan Sempor, Jumat sore 21 Juni 2019. Persami tersebut diselenggarakan selama tiga hari, yakni mulai 21-23 Juni 2019.

Hadir pada pembukaan itu, Wakil Asisten Teritorial KASAD Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Forkopimda Kebumen. Serta Komandan Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro.

"Persami ini untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan kepramukaan yang telah dilaksanakan oleh aparat Satuan Komando di Kodam IV. Selain itu juga untuk memberikan wawasan dan ketrampilan dalam Saka Wira Kartika," ujar Mayjen TNI Mochamad Effendi.

Dalam amanatnya, Pangdam IV/Diponegoro, menyampaikan Saka Wira Kartika merupakan satuan karya (Saka) kedelapan yang terdaftar di Kwartir Nasional (Kwarnas Gerakan Pramuka. "Tepatnya sejak 28 Oktober 2007," kata Effendi.

Ia menjelaskan, Saka Wira Kartika terbentuk sesuai MoU antara Kepala Staf Angkatan Daear (Kasad) dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka di Makodam Jaya. Yakni dalam bentuk peraturan bersama Kasad dan Kwarnas Gerakan Pramuka Perkasad 182/X/2007 dan 119 tahun 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembinaan dan pengembangan bela negara kepramukaan.

Menurutnya, Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pembentukan karakter bangsa Indonesia sejak dini. "Yang merupakan aset bangsa yang tak ternilai dalam mengawal dan mengamankan pancasila dan UUD 1945," tegasnya.

"Maka dengan Perkemahan Sabtu-Minggu terpusat tingkat daerah ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para peserta sehingga menghasilkan pemuda pemudi yang tangguh dan mandiri," tandasnya.

Persami Pramuka Saka Wira Kartika  diikuti oleh 864 Pramuka Penegak dan Pandega perwakilan dari 36 Kodim yang ada di wilayah Kodam IV/Diponegoro.

Pada pembukaan itu juga dimeriahkan penampilan tari cepetan yang merupakan tari tradisional asli Kabupaten Kebumen. Selain itu juga diisi tari dolalak asal Kabupaten Purworejo.(*)
Powered by Blogger.