Pemkab Kebumen Bakal Luncurkan Program Literasi Geopark

"Program ini untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam mempromosikan dan mengedukasi masyarakat tentang geopark nasional Kebumen,"
Pemkab Kebumen Bakal Luncurkan Program Literasi Geopark
Tari cepetan dari SMA Negeri 1 Gombong ditampilkan pada pembukaan sosialisasi pembudayaan membaca perpustakaan nasional RI tahun 2019 di Aula Theater Disarpus Kebumen, Selasa pagi.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Dalam waktu dekat Pemkab Kebumen melalui Dinas Kearsipan dan Perspustakaan akan meluncurkan program literasi geopark.

Hal itu dikatakan Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, saat membuka sosialisasi pembudayaan membaca perpustakaan nasional RI tahun 2019 di Aula Theater Disarpus Kebumen, Selasa pagi, 25 Juni 2019.

"Program ini untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam mempromosikan dan mengedukasi masyarakat tentang geopark nasional Kebumen," ujar Yazid Mahfudz, dalam sambutannya.

Program literasi geopark dibutuhkan menyusulkan telah ditetapkannya Geopark Karangsambung Karangbolong sebagai geopark nasional oleh pemerintah pusat pada akhir tahun lalu. Terlebih, kawasan ini akan ditargetkan naik kelas menjadi geopark globlal Unesco dalam dua tahun mendatang.

Bupati mengatakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen, sejak 2012 lalu sudah bertransformasi menjadi perpustakaan yang edukatif.

Berkerjasama dengan berbagai stakeholder dan komunitas yang ada di kebumen, Perpustakaan Daerah telah menjadi pusat kegiatan masyarakat yang menyenangkan.

Hal ini diaplikasikan dalam berbagai inovasi yang ada. Seperti Gerakan Wisata Pustaka Ceria (GPWC), I-kebumen, Ku Kunjungi Perpustakaan, Ku Punya Pengetahuan dan Pengalaman. Selain itu juga Layanan Mobil Perpustakaan Bergerak Generasi Terkini (Lampborgini), Akademi Kriya, serta Rintisan Perpustakaan Desa (Rintik Pustaka).

Pemkab Kebumen Bakal Luncurkan Program Literasi Geopark
Peserta sosialisasi pembudayaan membaca perpustakaan nasional RI tahun 2019 di Aula Theater Disarpus Kebumen, Selasa pagi.
"Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen telah mendapatkan Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI pada tahun 2018. Untuk itu, kami mengucapkan terimakasih atas kinerja dan dukungan semua pihak. Kedepan, capaian dan sinergitas positif tersebut perlu terus ditingkatkan," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, bupati mengajak masyarakat untuk semakin gemar membaca. "Untuk menjadi bangsa yang berhasil, kita harus mewujudkan masyarakat yang senang belajar, dimulai dari masyarakat yang gemar membaca," tegasnya.

Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca diikuti oleh para pelajar, guru, perwakilan perpustakaan desa, dan pegiat literasi lainnya di Kabupaten Kebumen.

Acara bertema ‘Implementasi Program Revolusi Mental menuju Indonesia cerdas 2024’ ini dihadiri Asisten Sekda Herry Setyanto, Kepala BAP3DA Pudji Rahaju, Kepala Disarpus Kebumen Anna Ratnawati, Perwakilan Perpusnas RI, serta sejumlah pejabat lainnya.(*)

Powered by Blogger.