Header Ads

Salah Satunya di Pantai Pedalen, Penentuan Awal Idul Fitri Ditentukan Sore Nanti

Salah Satunya di Pantai Pedalen, Penentuan Awal Idul Fitri Ditentukan Sore Nanti
Rukyatul hilal penentuan awal Ramadan lalu di POB Pedalen, 5 Mei 2019.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Rukyatul Hilal untuk menentukan 1 Syawal 1440 Hijriyah bakal digelar pada sore nanti, Senin, 3 Juni 2019.

Seperti pada pentuan awal Ramadan lalu, rukyatul hilal akan dipusatkan di Pos Observasi Bulan (POB) Kebumen di Pantai Pedalen Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.

Dalam keterangan tertulis yang diterima inikebumen, Kepala Seksi Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Teguh Supriyantoro, menjelaskan secara nasional rukyatul hilal diselenggarakan pada hari ini, bertepatan dengan 29 Ramadan 1440 Hijriyah.

"Ini sesuai kesepatan antara BHRD Kebumen bersama Kemenag dan Pemkab Kebumen rukyatul hilal guna menentukan awal Syawwal 1440 H pada Senin 29 Ramadhan 1440 H yang bertepatan dengan 3 Juni 2019," terang pria yang juga Ketua BHRD Kebumen.

Ia menambahkan, data hasil rukyat di POB Pantai Pedalen, baik terlihat maupun tidaknya hilal akan dikirim ke Kementerian Agama RI di Jakarta. Data tersebut untuk menjadi bahan dalam sidang itsbat penentuan 1 Syawal 1440 Hijriyah petang nanti.

"Hasil sidang ini yang kemudian menjadi dasar keputusan Menteri Agama menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriyah," tutupnya.(*)
Powered by Blogger.