Header Ads

Waspada! Gelombang Tinggi Terjang Pesisir Selatan Kebumen

Waspada! Gelombang Tinggi Terjang Pesisir Selatan Kebumen
Gelombang pasang terjadi di Pantai Silumut Desa Sidoharjo Kecamatan Puring, Senin sore, 10 Juni 2019
www.inikebumen.net KEBUMEN - Gelombang tinggi menerjang pesisir selatan Kebumen sejak Senin pagi, 10 Juni 2019. Gelombang tinggi ini diperkirakan masih akan terjadi hingga 13 Juni 2019 mendatang.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kebumen, mencatat gelombang yang terjadi sejak pukul 10.00 hingga 19.00 WIB mencapai ketinggian 3-6 meter. Puluhan warung di sejumlah pantai dilaporkan diterjang gelombang air laut tersebut. 

Seperti di Pantai Ambal, gelombang pasang mencapai 30-50 meter ke daratan dengan tinggi gelombang 3-6 meter. Akibatnya sebanyak 30 warung semipermanen terendam air laut.

Kemudian, di Pantai Setrojenar Kecamatan Buluspesantren, gelombang pasang mencapai 10-12 meter ke daratan dengan tinggi gelombang 4-5 meter.

Selanjutnya, di Pantai Suwuk Desa Tambakmulya, Kecamatan Puring gelombang pasang mencapai 20-30 meter ke daratan dengan tinggi gelombang 4-6 meter. Namun, di kedua pantai tersebut tidak berdampak pada warung di sekitar.

"Untuk wilayah lain masih dalam pantauan Pusdalops BPBD Kebumen dan belum ada laporan dampak dari gelombang tinggi," ujar Humas BPBD Kebumen, Heri Purwoto.

Pihaknya mengimbau kepada pengunjung dan pemilik warung yang berada di sekitar pantai agar tetap waspada dengan adanya gelombang tinggi tersebut. Terlebih diprediksi akan terjadi tiga hari kedepan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengeluarkan peringatan dini terhadap gelombang tinggi sejak Senin pagi, 10 Juni 2019.

Gelombang tinggi antara 4-6 meter berpeluang terjadi di perairan laut selatan Pulau Jawa. Meliputi Perairan Cilacap, Kebumen, Purworejo, hingga Yogyakarta.(*)
Powered by Blogger.