Header Ads

Wow! Tahun ini, Peserta Kelas Pemula Pacuan Kuda Ambal Membludak

Seiring dengan tradisi pacuan kuda, jumlah peternak kuda di Ambal pun bertambah. Saat ini jumlahnya telah mencapai 30 peternak. Untuk mewadahinya, pada Pacuan Kuda kemarin digelar kelas pemula perdana hingga 4 race.
Wow! Tahun ini, Peserta Kelas Pemula Pacuan Kuda Ambal Membludak
Seekor kuda disiapkan untuk mengikuti pacuan kuda di Lapangan Tegalrejo Desa Ambalres Kecamatan Ambal, 12 Juni 2019.
www.inikebumen.net AMBAL - Lomba pacuan kuda yang diselenggarakan oleh Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Cabang Kabupaten Kebumen, 9-12 Juni 2019 terbilang sukses. Selama empat hari digelar sedikitnya 150 ribu orang datang menyaksikan adu balap kuda itu.

Hebatnya, yang datang bukan hanya dari warga sekitar. Tetapi, banyak yang berasal dari luar daerah seperti Purworejo, Jogja, Cilacap, serta dari sejumlah provinsi lain seperti Jawa Barat, Jawa Timur hingga Bali.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada even yang digelar setiap libur Lebaran kali ini panitia memberikan kesempatan lebih banyak kepada pemilik kuda sekitar. Khususnya, untuk kuda yang baru pertama kali ikut pacuan kuda.

"Untuk kelas pemula perdana tahun ini sampai 4 race. Kalau tahun-tahun sebelumnya hanya maksimal 2 race," ujar Wakil Ketua Pordasi Cabang Kebumen, Sodikul Anwar, kepada inikebumen, Rabu, 12 Juni 2019.

Setiap race untuk kelas pemula perdana berjumlah 8 ekor kuda. Sehingga jumlah kuda lokal yang ikut pada ajang tersebut mencapai 32 ekor. "Ini menandakan di daerah Ambal sudah mulai banyak warga peternak kuda," kata pria yang juga Ketua Panitia Pacuan Kuda Ambal ini.

Bahkan saat ini peternakan kuda di daerah Ambal jumlahnya telah lebih dari 30 lokasi. "Semuanya warga sekitar Ambal. Ini merupakan salah satu dampak dari adanya pacuan kuda," imbuhnya.

Pacuan kuda diselenggarakan pada 9-12 Juni 2019 lalu di Lapangan Pacuan Kuda Tegalrejo Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal. Sebanyak 127 ekor kuda memeriahkan ajang tersebut.

Adapun kelas yang dilombakan diantaranya Kelas A Sprint, Kelas Terbuka 2000, Kelas B, Kelas C Panjang dan Kelas C Sprint. Selain itu juga Kelas D Utama, Kelas D Madya, Kelas E, Kelas F, Kelas G, Kelas H, Kelas I dan Kelas J.

Kemudian, Kelas Lokal A dan B, Kelas Lokal Tradisional A dan B, Kelas Calon Derbi (kuda muda), Kelas Pemula Perdana Kecil dan Besar.(*)

Powered by Blogger.