Car Free Day Kebumen Bakal Diperluas, Alun-alun Harus Steril dari PKL

Keberadaan PKL di kawasan Alun-alun Kebumen selama CFD juga sangat semrawut. Kondisi ini pun mengganggu area untuk olah raga seperti jalan kaki, lari dan bersepeda.
Car Free Day Kebumen Bakal Diperluas, Alun-alun Harus dari Steril PKL
Denah perluasan area CFD Alun-alun Kebumen.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemkab Kebumen akan memperluas area kegiatan Car Free Day (CFD) di seputaran Alun-alun Kebumen. Rencana ini akan disosialisasikan mulai Minggu besok, 14 Juli 2019.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kabupaten Kebumen, Edi Rianto, menjelaskan areal CFD baru tersebut mulai dari depan SMP Negeri 5 Kebumen ke arah barat sepanjang Jalan Pahlawan hingga depan kantor PLN lama.

Kemudian, sepanjang Jalan Veteran depan Gedung Haji hingga Kantor Pos Kebumen. Selanjutnya, di Jalan Mayjen Sutoyo, mulai dari depan SMA Negeri 1 Kebumen ke arah barat hingga depan SMP Muhammadiyah 1 Kebumen.

"Di sepanjang jalan itu merupakan areal bebas kendaraan bermotor," terang Edi Rianto, kepada inikebumen, Jumat, 12 Juli 2019.

Nantinya, di seputaran Alun-alun tidak boleh lagi untuk aktivitas berjualan, baik PKL kuliner maupun area bermain. Para PKL ini akan ditata di lokasi baru.

"Alun-alun hanya untuk kegiatan masyarakat seperti olahraga," ujarnya.

Adapun PKL akan ditata di sejumlah titik. Yakni di Jalan Pahlawan depan SD Negeri Kutosari ke utara, Jalan Veteran depan Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ke utara.

Kemudian, di depan SMA Negeri 1 Kebumen dan di Jalan Pahlawan depan Kantor Telkom ke timur hingga depan SMP Negeri 5 Kebumen. Sedangkan, untuk arena bermain akan ditempatkan di Jalan Veteran timur Alun-alun depan perkantoran Pemkab Kebumen.

Selanjut untuk kantong parkir akan dibagi menjadi delapan titik. Yaitu di Jalan Piere Tendean depan SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, Jalan Pahlawan depan kantor PLN lama, di Jalan Ronggowarsito.

Tempat parkir kendaraan selanjutnya di Jalan Veteran depan Gedung Haji, Jalan Mayjen Sutoyo depan SMA Negeri 1 Kebumen ke timur, di sepanjang Jalan S Parman depan SMP Negeri 3 Kebumen, di Jalan Pahlawan depan Nusantara Sakti ke timur dan Gang Mangga.

"Untuk waktu Car Free Day tidak ada perubahan, tetap mulai dari pukul 06.00 hingga 09.00 WIB," kata Edi Rianto.

Mulai Minggu besok, lanjut dia, pihaknya akan mulai melakukan sosialisai kepada masyarakat. Yakni dengan cara memasang batas dengan rambu di lokasi-lokasi baru tersebut.

"Kita harapkan ini akan mulai efektif pada September mendatang. Launchingnya sekaligus pada Hari Jadi Kabupaten Kebumen," imbuhnya.

Setelah lima tahun berjalan, pelaksanaan Car Free Day (hari bebas kendaraan bermotor) setiap Minggu pagi di kawasan Alun-Alun Kebumen masih belum optimal. Setiap Minggunya masih ada saja kendaraan bermotor yang berani menerobos area tersebut.

Keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Alun-alun Kebumen selama CFD juga sangat semrawut. Kondisi ini pun mengganggu area untuk olah raga seperti jalan kaki, lari dan bersepeda.

Dengan kondisi seperti saat ini, pelaksanaan CFD dinilai tidak sesuai dengan maksud dan tujuan awal kegiatan CFD. Yaitu untuk mengurangi pencemaran udara sekaligus menjadi ajang oleh raga untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.(*)

Powered by Blogger.