Gerhana Bulan Parsial Terlihat Jelas di Alun-alun Kebumen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Gerhana Bulan Parsial Terlihat Jelas di Alun-alun Kebumen

Tanpa alat bantu, fase gerhana parsial terlihat jelas dari langit Kebumen. Tampak di langit bulan sebagian tertutup oleh warna kemerahan.
Gerhana Bulan Parsial Terlihat Jelas di Alun-alun Kebumen
Inilah penampakan gerhana bulan di langit Kebumen pada pukul 04.20 WIB.
 www.inikebumen.net KEBUMEN - Gerhana Bulan Parsial atau Sebagian terlihat jelas di Alun-alun Kebumen. Tidak butuh alat bantu apapun untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

Pantauan inikebumen di sekitar Alun-alun Kebumen, Rabu dini hari, 17 Juli 2019, sekitar pukul 03.05 tampak bulan sebagian berwarna oranye. Sedangkan, sebagian sisanya terlihat lebih gelap.

Fase gerhana parsial terlihat dari langit Kebumen. Tampak di langit bulan sebagian tertutup oleh warna kemerahan.

Fenomena alam ini berlansung cukup lama. Yakni hingga mencapai 2 jam 58 menit. Kejadian langka ini akan mulai terlihat malam ini pukul 01.42 WIB. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)melalui akun instagramnya @infobmkg menginformasikan gerhana bulan sebagian dimulai pada pukul 01.42 WIB sebagai kontak awal penumbra.

Namun secara kasatmata gerhana baru bisa dilihat mulai pukul 03.01 WIB dengan terjadinya kontak awal umbra. Puncak gerhana bakal terjadi pada pukul 04.30 WIB ditandai dengan magnitudo gerhana 0,25 (alias 25 persen cakram Bulan tertutupi umbra Bumi).

Secara kasatmata gerhana terlihat berakhir pada pukul 06.00 WIB saat kontak akhir umbra terjadi. Namun akhir gerhana yang sesungguhnya adalah pada pukul 07.19 WIB saat kontak akhir penumbra berlangsung.

Gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Adapun gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan. Sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>