Gerhana Bulan Sebagian, Umat Islam Diimbau Gelar Shalat Khusuf

Umat Islam diimbau agar melakukan shalat sunnah gerhana secara berjamaah.
Gerhana Bulan Sebagian, Umat Islam Diimbau Gelar Shalat Khusuf
Ilustrasi
www.inikebumen.net KEBUMEN - Kementerian Agama mengimbau umat Islam menggelar shalat sunnah gerhana atau shalat khusuf. Imbauan dilayangkan menyusul gerhana bulan sebagian atau khusuful qamar diprediksi akan kembali terjadi pada Rabu dini hari nanti, 17 Juli 2019.

"Umat Islam agar melakukan shalat sunnah gerhana secara berjamaah. Selain itu melakukan khutbah sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dalam pelaksanaan shalat gerhana," ujar Dirjen Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin, dalam keterangan tertulisnya.

Muhammadiyah Amin mengatakan pihaknya telah menerbitkan seruan kepada para Kepala Kantor Wilayah Kemenag seluruh Indonesia. Isinya untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan Parsial di wilayahnya masing-masing.

Baca juga:
Yuk Saksikan! Ada Gerhana Bulan Sebagian yang Bisa Diamati Kasat Mata Dini Hari Nanti

"Pelaksanaan shalat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing," katanya.

Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan keselamatan dan kemajuan bangsa.

Berdasarkan data astronomi, Rabu ini hari 17 Juli 2019 mulai pukul 03.01 WIB di Indonesia akan terjadi gerhana bulan sebagian (gerhana bulan parsial).

Hampir di seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati gerhana bulan total ini. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 04.30 WIB dan akhirnya gerhana bulan sebagian pukul 05.59 WIB.(*)

Powered by Blogger.