Malam ini, Pementasan Kolaborasi "Repertoar Dangsak" Digelar di Pendopo Bupati Kebumen

Pementasan yang diselenggarakan oleh Sekolah Rakyat Melu Bae (SRMB) Kebumen bertajuk “Repertoar Dangsak” ini akan dimulai pukul 19.30 WIB.
Malam ini, Pementasan Kolaborasi "Repertoar Dansak" Digelar di Pendopo Bupati Kebumen
Para violis dari kelompok musik Kebumen Violine Orchestra (KVO) berlatih sebelum pentas malam ini. (Foto: SRMB Kebumen)
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pementasan kolaborasi seni tradisional cepetan, musikalisasi puisi dan violin orcherstra akan digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen malam ini, Sabtu, 20 Juli 2019.

Pementasan yang diselenggarakan oleh Sekolah Rakyat Melu Bae (SRMB) Kebumen bertajuk “Repertoar Dangsak” ini akan dimulai pukul 19.30 WIB.

Pamong SRMB Kebumen Bambang Indrajeet, mengatakan pentas berdurasi sekitar dua jam itu melibatkan puluhan seniman. Mulai dari musisi, penyair dan para penari cepetan dari Desa Watulawang Kecamatan Pejgoan.

Para violis muda dari kelompok musik Kebumen Violine Orchestra  (KVO) juga bakal turut berkolaborasi dalam satu panggung.

"Pementasan Repertoar Dansak ini bermula dari diskusi ringan. Bahwa selama 16 tahun bergerak di bidang seni dan budaya, muncul gagasan bagaimana mengemas kesenian tradisional agar disukai oleh generasi milenial," ujarnya.

Selanjutnya, munculah ide dengan melakukan kolaborasi antara kesenian tradisional cepetan dengan musikalisasi puisi dan violine orchestra.

Menurutnya, meski dikemas dengan lebih modern, akan tetapi kesenian tradisional khas Kebumen itu tidak hilang keasliannya. Kearifan lokal yang ada dalam kesenian tersebut masih tetap terjaga. "Pementasan ini terbuka untuk umum dan gratis," pungkasnya.(*)

Powered by Blogger.