Pelantikan Kades di Kebumen, Penyedia Jasa Foto Dadakan Raup Untung Besar

Pelantikan Kepala Desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen menjadi peluang bagi penyedia jasa fotografi. Mereka menawarkan jasa foto kepada kades yang baru dilantik. Dalam waktu sekejap mereka pun meraup keuntungan besar dari jasa yang ditawarkan itu. 
Pelantikan Kades di Kebumen,  Penyedia Jasa Foto Dadakan Raup Untung Besar
Studio foto dadakan ramai saat pelantikan kades di halaman Pendopo Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Suasana haru menyelimuti pelantikan kepala desa terpilih di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Rabu, 23 Juli 2019.

Di depan pendopo yang terletak di utara Alun-alun Kebumen itu, selain dipenuhi oleh kades terpilih, pejabat di lingkungan Pemkab Kebumen, nampak pula dipenuhi oleh warga yang mengantar kades barunya dilantik. Sayangnya, mereka tidak diperkenankan masuk ke dalam tempat pelantikan.

Ratusan bahkan ribuan warga menunggu diluar gedung hingga berjam-jam. Kebanyakan merka datang ketempat itu menaiki kendaraan truk dan mobil bak terbuka. Tak sedikit juga mereka datang sejak subuh, padahal pelantikan baru dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Suasana istimewa itu ternyata menjadi peluang mengais rejeki bagi para penyedia jasa foto. Dari pantauan inikebumen terdapat sejumlah stand yang menawarkan jasa foto kepada kades yang baru dilantik. Terlebih, pihak kades yang dilantik maupun keluarga tidak bisa mengabadikan saat pelantikan di dalam gedung karena  memang tidak diperkenankan.

Dalam waktu sekejap, studio dadakan yang tersedia dipenuhi oleh kades dan keluarganya yang memanfaatkan jasa itu. Seakan tak mau kehilangan momen istimewa, para kades dan pendukungnya rela membayar mahal untuk sekali foto. Tarif yang ditawarkan beragam, mulai dari Rp 50 ribu sekali foto hingga Rp 100 ribu.

"Kami sudah biasa keliling kalau ada acara kaya gini,seperti kemarin di Cilacap, Banyumas dan Purbalingga. Kami kan memang sudah kerjasama sama panitianya," kata salah satu penyedia jasa foto,  disela-sela melayani konsumen.

Dia menetapkan tarif Rp 50 ribu sekali foto dengan ukuran 10 R dan Rp 100 ribu untuk ukuran 12 R. Sedangkan hasil fotonya bisa ditunggu. "Hasilnya bisa ditunggu karena kita langsung cetak," imbuhnya.

Pagi ini, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz kembali akan melantik kepala desa terpilih pada Pilkades serentak 25 Juni lalu. Jumlah kepala desa yang akan dilantik dan diambilsumpahnya berjumlah 100 orang. Rencananya pelantikan dilakukan di Pendopo Rumdin Bupati,(*)
Powered by Blogger.