Yuk Saksikan! Ada Gerhana Bulan Sebagian yang Bisa Diamati Kasat Mata Dini Hari Nanti

Secara kasatmata gerhana bulan sebagian akan bisa dilihat mulai pukul 03.01 WIB dengan terjadinya kontak awal umbra. Puncak gerhana bakal terjadi pada pukul 04.30 WIB.
 Yuk Saksikan! Ada Gerhana Bulan Sebagian yang Bisa Diamati Kasat Mata Dini Hari Nanti
Ilustrasi
www.inikebumen.net KEBUMEN - Gerhana Bulan Sebagian (GBS) bakal terjadi pada Rabu dini hari nanti, 17 Juli 2019. Fenomena alam ini bakal berlansung cukup lama. Yakni hingga mencapai 2 jam 58 menit. Kejadian langka ini akan mulai terlihat malam ini pukul 01.42 WIB.

Gerhana bulan selalu terjadi pada saat bulan purnama. Namun, tidak setiap bulan tidak terjadi gerhana bulan. Gerhana bulan sebagian dini hari nanti, dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kebumen.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)melalui akun instagramnya @infobmkg menginformasikan gerhana bulan sebagian akan dimulai pada pukul 01.42 WIB sebagai kontak awal penumbra.

Namun secara kasatmata gerhana baru akan bisa dilihat mulai pukul 03.01 WIB dengan terjadinya kontak awal umbra. Puncak gerhana bakal terjadi pada pukul 04.30 WIB ditandai dengan magnitudo gerhana 0,25 (alias 25 persen cakram Bulan tertutupi umbra Bumi).

Secara kasatmata pula gerhana akan terlihat berakhir pada pukul 06.00 WIB saat kontak akhir umbra terjadi. Namun akhir gerhana yang sesungguhnya adalah pada pukul 07.19 WIB saat kontak akhir penumbra berlangsung.

Gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.
Adapun gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan. Sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Pada 2019 ini diprediksi terjadi lima kali gerhana, yaitu:
  1. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 5-6 Januari 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia
  2. Gerhana Bulan Total (GBT) 21 Januari 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia
  3. Gerhana Matahari Total (GMT) 2 Juli 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia
  4. Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 17 Juli 2019 yang dapat diamati dari Indonesia
  5. Gerhana Matahari Cincin (GMC) 26 Desember 2019 yang dapat diamati dari Indonesia.
Salah satu tupoksi BMKG sebagai institusi pemerintah adalah memberikan informasi dan pelayanan tanda waktu. Termasuk di dalamnya informasi Gerhana Bulan Sebagian 17 Juli 2019.(*)
Powered by Blogger.