Cek Spesifikasi Proyek, Bupati Kebumen Ukur Besi yang Digunakan Kontraktor

Monitoring dilakukan empat titik. Yakni pembangunan SDN 3 Tambakmulyo Kecamatan Puring, pembangunan Puskesmas Ayah II di Desa Jintung Kecamatan Ayah. Kemudian, Pembangunan TPI Karangduwur Kecamatan Ayah dan pembangunan dermaga wisata, pendopo gathering, dan fasilitas sarpras Obwis Pantai Logending.
Cek Spesifikasi Proyek, Bupati Kebumen Ukur Besi yang Digunakan Kontraktor
Bupati Yazid Mahfudz, mengecek detil besi yang digunakan pada proyek pembangunan Puskesmas Ayah II
www.inikebumen.net KEBUMEN - Untuk memastikan proyek sesuai spesifikasinya, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, melakukan pengecekan secara detail terhadap sejumlah pekerjaan fisik. Bahkan, dia mengecek ukuran besi yang digunakan dalam proyek-proyek milik pemerintah.

Pengecekan detil itu dilakukan saat melakukan monitoring terpadu pekerjaan konstruksi di wilayah Kebumen barat, Selasa 6 Agustus 2019. Monitoring tersebut dilakukan bersama tim pelaksana pengendali pembangunan Kabupaten Kebumen tahun anggaran 2019.

Mendampingi Bupati saat monitoring, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Inspektur Kabupaten Kebumen Mahmud Fauzi,Staf Ahli Bupati Suwedi, Kepala Dinas Pendidikan Moh Amirudin, Kepala Disporawisata Azam Fatoni, Kabag Pembangunan Setda Kebumen Bekti Hidayat, dan Kabag Humas Setda Kebumen Budhi Suwanto.

Monitoring dilakukan empat titik. Yakni pembangunan SDN 3 Tambakmulyo Kecamatan Puring, pembangunan Puskesmas Ayah II di Desa Jintung Kecamatan Ayah. Kemudian, Pembangunan TPI Karangduwur Kecamatan Ayah dan pembangunan dermaga wisata, pendopo gathering, dan fasilitas sarpras Obwis Pantai Logending.

Bupati meminta para pelaksana pekerjaan agar menyelesaikan pekerjaannya sesuai target. Sehingga nantinya tidak terjadi keterlambatan.

"Dari evaluasi, Alhamdulillah progressnya sudah melampau target. Mudah-mudahan selesai tepat waktu," ujar Yazid Mahfudz, saat di Pantai Logending Kecamatan Ayan.

Ia mengingatkan, jika terjadi keterlambatan bukannya hanya Pemkab Kebumen yang dirugikan. Tetapi, juga pelaksana pekerjaan juga dipastikan rugi. Hal ini lantaran, pembayarannya bisa terjadi keterlambatan hingga tidak dibayarkan. Bahkan, yang paling parah bisa diputus kontrak.

"Mudah-mudahan tepat waktu dan tepat administrasi. Kalau pekerjaan tepat waktu, tapi administrasi terlambat bisa jadi masalah pada pembayaran," tegasnya.

Dari hasil pantauan, target pembangunan SDN 3 Tambakmulyo Kecamatan Puring telah mencapai 12 persen dari target 14 persen. Pekerjaan yang menelan anggaran Rp 970,9 juta yang bersumber dari APBD Kebumen ini dikerjakan oleh CV Sahwanita Konstruksi, dengan konsultan perencana CV Karya Sejati dan konsultan pengawas CV Bangun Cipta Persada.

Sejumlah fasilitas yang dibangun, yakni ruang laboratorium, perpustakaan, mushola, jamban, kantin dan pemasangan flafon. Adapun waktu pelaksanaan pekerjaan selama 150 hari, mulai 27 Juni hingga 23 November 2019.

Progress 5 persen tercapai pada pembangunan Puskesmas Ayah II, melebihi target yang ditetapkan 4,2 persen. Puskesmas yang terletak di Desa Jintung Kecamatan Ayah, ini dibangun menjadi dua lantai dan ditingkatkan menjadi Puskesmas rawat inap.

Jangka waktu pekerjaan selama 160 hari kalender, mulai 2 Juli hingga 8 Desember 2019. Pelaksana pekerjaan oleh PT Sundus Karya Perdana, konsultan perencana CV Luhur dan konsultan pengawas PT Citra Asri Desain. Puskesmas in dibangung dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 sebesar Rp 2,171 miliar,

Kemudian, rehabilitasi TPI Karangduwur telah mencapai 13,23 persen dari target 11,10 persen. TPI yang berada di kawasan Pantai Menganti dikerjakakn dengan anggaran Rp 498,5 juta yang bersumber dari APBD 2019. Proyek yang dikerjaaan oleh CV Amanah ini dijadwalkan selama 180 hari kalender, mulai 20 Juni hingga 24 November 2019.

Selanjutnya, pembangunan dermaga wisata, pendopo gathering, dan fasilitas sarpras di obyek wisata Pantai Logending. Pekerjaan ini menelan anggaran Rp 1,919 miliar bersumber dari APBD 2019. Progress pekerjaannya telah mencapai 12,25 persen dari target 9,30 persen.

Proyek yang dikerjakan oleh CV Maharani Kebumen dan konsultas pengawas CV Well dijadwalkan menyelesaikan pekerjaan selama 150 hari. Yakni mulai 24 Juni hingga 20 November 2019.(*)
Powered by Blogger.