Facebooker Kebumen Lebih Menyukai Calon Independen

Hasilnya 70 persen (147 akun) lebih menyukai calon dari perseorangan (independen) dan hanya 30 persen (63 akun) yang menyukai calon dari partai.
Facebooker Kebumen Lebih Menyukai Calon Independen
INI Kebumen menyelenggarakan jejak pendapat terkait Pilbup Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Menyongsong Pemilihan Bupati (Pilbup) Kebumen pada 23 September 2020 mendatang, berbagai manuver politik mulai dilakukan. Baik partai politik maupun tokoh-tokoh yang berpotensi menjadi kandidat bupati atau wakilnya mulai tebar pesona.

Halaman INI Kebumen di facebook menggulirkan jajak pendapat untuk mengetahui kecenderungan facebooker terhadap figur bupati yang mereka harapkan.

Jajak pendapat yang berlangsung sepekan (13-20 Juli 2019), berhasil menjangkau 14.295 pemilik akun facebook dan 40 kali dibagikan. Namun hanya ditanggapi 18 akun dan 33 komentar. Hanya 210 akun yang kemudian menentukan pilihannya.

Hasilnya 70 persen (147 akun) lebih menyukai calon dari perseorangan (independen) dan hanya 30 persen (63 akun) yang menyukai calon dari partai.

Hal ini mengindikasikan banyak facebooker yang antusias untuk mengetahui perkembangan proses Pilbup 2020. Namun mereka lebih memilih menunggu kandidat yang muncul, sehingga enggan mengisi jajak pendapat.

Akun Purwo Hardjono dalam komentarnya mempertanyakan figur dari indipenden.  "Apa ada yg kuat dr calon perorangan? pak?"  tanyanya.

Pertanyaan ini ditanggapi oleh akun Bayu Ikhtiar,  "insyaa Alloh..kita buktikan bersama..kekuatan dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat..."

Dan didukung pula oleh akun  Fathul Muhtadi, "cocok."
Facebooker Kebumen Lebih Menyukai Calon Independen
Jajak pendapat INI Kebumen
Pemilik akun Edyarto Margono memberi alasan mengapa lebih memilih calon perseorangan, "Saya memilih dari perorangan karena track record beberapa Bupati terpilih di Jateng - termasuk Kebumen terjerat kasus korupsi dengan berbagai kasus, itu bukti bahwa partai dalam mengajukan calonnya belum berhasil, walaupun dari perorangan juga belum jaminan....untuk itu perlu dicoba," tulisnya.

Sementara pemilik akun Sodikin As mengaku siap mendukung calon yang maju dari jalur perseorangan. "Perorangan bae,aku arep maju,ora parte partean,ora ormas ormasan,ora blantik blantikan,ora wuwur wuwuran,ora oyog oyogan..ana sing wani maju kaya kuwe? Aku pendukung pertamane," tulisnya.

Meskipun demikian, politisi gaek dari PDIP Heru Budiyanto melalui akun pribadinya malah meledek, "Dukungane arep digolet sit nek wis ulih dukungan gari di dol ke yg berminat. Cerdas kan inisiatore 😃😃😃"

Bagaimana perkembangan selanjutnya isu-isu menyongsong Pilbup Kebumen? Jangan ketinggalan ikuti berita-beritanya di inikebumen.net.(*)
Powered by Blogger.