Gandeng PLN dan BRI, Muncul Bursa Motor Sosialisasikan Motor Listrik Viar Q1

Acara test ride berlangsung sangat meriah, jumlah driver ojek online juga tak mau ketinggalan. Mereka mencoba mengendarai sepeda motor ramah lingkungan tersebut.
Gandeng PLN dan BRI, Muncul Bursa Motor Sosialisasikan Motor Listrik Viar Q1
Pengunjung menjajal motor listrik Viar Q1
www.inikebumen.net KEBUMEN - Diler motor Muncul Bursa Motor (Muncul Group) bekerjasama dengan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cilacap dan BRI Cabang Gombong mempromosikan motor listrik Viar Q1 di Alun-alun Kebumen, Minggu pagi, 25 Agustus 2019. Acara tersebut dalam rangka sosialisai Go Green untuk bumi yang lebih hijau bagi anak cucu.

Acara yang dimulai pukul 06.00 di acara Car Free Day (CFD) itu berlangsung sangat meriah. Kegiatan yang mengusung tema "Gebyar Kemerdekaan di Era Digital 2019" ini dimulai dengan senam bersama, lomba memasak dengan kompor induksi listrik, dan juga test ride Viar Q1.

Viar Q1 merupakan motor listrik pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan STNK dan BPKB.

Acara test ride berlangsung sangat meriah, jumlah driver ojek online juga tak mau ketinggalan. Mereka mencoba mengendarai sepeda motor ramah lingkungan tersebut.

Hadir dalam acara ini, Manager PLN UP3 Cilacap Ahmad Mustaqir, Pemimpin Bank BRI cabang Gombong Winata. Serta Bisnis development Grab Indonesia Yogyakarta Anggie.

Kepala Divisi Marketing dan Penjualan Muncul Group Santoso Budiawan, menjelaskan Viar Q1 generasi kedua ini hanya membutuhkan daya 4 KWH dalam sekali charge. Atau sekitar Rp 4.000 untuk menempuh jarak sampai dengan 120 km.

"Biaya per kilometer sekitar Rp 50," terang Santoso Budiawan, disela-sela acara.

Menurutnya, Viar Q1 jauh lebih hemat dibandingkan dengan motor konvensional yang menggunakan bahan bakar pertalite atau pertamax. Pertamax yang dibanderol Rp 9.850 rata-rata hanya mampu menempuh jarak 30 km untuk penggunaan rata-rata sepeda motor matik.

"Dengan demikian biaya per kilometernya diatas Rp 300 atau lebih besar 600 persen dari Viar Q1," ujarnya.

Motor listrik juga lebih hemat karena biaya perawatan yang sangat rendah. Tidak ada penggantian oli mesin, penggantian busi, serta sparepart lainnya.

"Apabila rata-rata biaya service per bulan adalah Rp 50.000 maka dalam setahun kita bisa menghemat setengah juta rupiah hanya untuk perawatan," kata dia.

Untuk mendorong perubahan ke motor listrik Viar Q1, Muncul Bursa Motor bekerjasama dengan Grab memberikan spesial paket kepada para pengemudi ojol.
Yakni berupa uang muka nol rupiah, angsuran sampai 3 tahun dengan cicilan seperti bunga KUR (super murah). Kemudian, gratis charge di seluruh PLN selama 6 bulan.

"Ada juga gratis voucher listrik up to Rp 500 ribu dari Muncur Motor. Paket ini bisa dilihat di aplikasi driver," sambungnya.

Ia berharap Pemkab Kebumen mulai dapat menerapkan penggunaan motor listrik. Hal ini sebagai kendaraan pilihan alternatif untuk para karyawan di lingkungan Pemkab Kebumen.

"Para driver ojek online dapat menjadi duta perubahan ke motor listrik dengan menggunakan Viar Q1," kata dia.

Santoso menambahkan, dengan semakin banyak orang yang menggunakan motor ramah lingkungan itu, ke depannya motor listrik dapat terus makin dikenal dan dicintai oleh seluruh masyarakat.

"Sehingga perubahan ke era bumi yang makin hijau dapat makin kita rasakan," tandasnya.(*)
Powered by Blogger.