Kebumen jadi Tuan Rumah Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Jawa Tengah

Kegiatan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah diikuti oleh 1.155 peserta perwakilan dari 35 kabupaten/kota.
Kebumen jadi Tuan Rumah Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Jawa Tengah
Kepala Kanwil Kemenag Jateng Farhani, memukul gong pada pembukaan KSM di MTs Negeri 1 Kebumen, Rabu malam
www.inikebumen.net KEBUMEN - Kebumen menjadi tuan rumah Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019. Acara tersebut digelar selama dua hari, Rabu-Kamis, 14-15 Agustus 2019.

Secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jateng Farhani, di MTs Negeri 1 Kebumen, Rabu malam, 14 Agustus 2019. Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, hadir pada pembukaan tersebut.

Kegiatan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah diikuti oleh 1.155 peserta perwakilan dari 35 kabupaten/kota. Yang merupakan siswa MI, MTs dan MA se Jawa Tengah. Kegiatan lomba akan ditempatkan di sejumlah lokasi.

Yakni di MTs Negeri 2, MTs Negeri 3, MTs Negeri 5, MAN 1, MAN 2 dan MAN 3 Kebumen.  Selain peserta yang terdaftar 1.155 siswa, ada tim pendamping sekitar 1.100 orang dan orang tua siswa sekitar 1.100 orang.

Kepala Kantor Kemenag Kebumen Panut, menjelaskan KSM 2019 diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jateng. Pada ajang itu dilombakan  11 bidang mata pelajaran. Yaitu dua mapel untuk siswa MI, tiga mapel untuk siswa MTs, lima mapel untuk siswa MA.

"Ajang KSM bertujuan menyediakan wahana bagi siswa madrasah mengembangkan bakat dan minat di bidang sains," terang Panut.

Panut berharap, KSM 2019 dapat menumbuhkan dan mencintai sains, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Selain itu juga untuk menumbuhkan budaya kompetisi yang sehat di kalangan siswa madrasah serta memberikan kesempatan yang sama bagi siswa dalam belajar, berkreativitas dan berprestasi.

Dalam sambutannya, Bupati Yazid Mahfudz, menyamoaikan ajang Kompetisi Sains Madrasah ini akan tercipta siswa ataupun generasi madrasah yang mumpuni dalam segala bidang ilmu pengetahuan.

Bupati mendorong kepada seluruh peserta dan tim official untuk selalu mengobarkan semangat juang dan tidak merasa minder. Namun, masing-masing dari peserta adalah pemenang atau juara pada kabupaten/ kota masing-masing.

"Saat ini adalah pembuktian prestasi pada tingkat Provinsi Jawa Tengah," ujarnya.(*)
Powered by Blogger.