Pembangunan Dua Jalan Layang di Kebumen Paling Cepat Tahun 2021

Pembangunan jalan layang merupakan komitmen pusat dan menjadi ranah kebijakan nasional.
Pembangunan Dua Jalan Layang di Kebumen Paling Cepat Tahun 2021
Perlintasan KA Karanganyar
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pembangunan jalan layang (flyover) yang rencananya dibangun di dua lokasi paling cepat pada 2021 mendatang. Flyover tersebut akan dibangun di perlintasan kereta api (KA) Karanganyar dan Kutowinangun.

"Proyek pembangunan jalan layang itu merupakan proyek milik pemerintah pusat dan didanai APBN," ujar Kabag Pembangunan Setda Kebumen Bekti Hidayat, saat mendampingi Bupati Kebumen Yazid Mahfudz meninjau pembangunan infrastruktur, belum lama ini.

Dipilihnya dua lokasi tersebut karena berada di ruas jalan nasional. Kemudian penghubung antar kota dan antar provinsi di Jawa bagian selatan. Tanpa rel ganda saja di dua lokasi itu sering terjadi kemacetan parah, apalagi nanti rel ganda beroperasi.

Pembangunan jalan layang itu merupakan komitmen pusat dan menjadi ranah kebijakan nasional. Terlebih menyusul dibangunnya rel ganda atau double track di jalur selatan. Saat ini pengerjaan rel ganda masih berlangsung.

Keberadaan jalan layang di jalan nasional itu pun dinilai mendesak. Mengingat, jalur selatan yang berada di Kebumen tersebut menjadi akses vital yang menghubungkan daerah timur seperti Banyuwangi (Jatim) sampai Bandung dan Jakarta.

Sementara di perlintasan KA karanganyar dan Kutowinangun rawan kemacetan. Pada masingmasing perlintasan KA itu memang telah dilebarkan jalannya. Namun seiring pembangunan double track, maka peningkatan volume kendaraan tidak bisa dihindarkan lagi.

Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, menyampaikan dirinya sudah mengusulkan ke pemerintah pusat agar kedua lokasi tersebut segera dibangun jalan layang. Selain itu, dirinya juga mendorong pemerintah pusat agar segera melanjutkan pembangunan jalan nasional Pansela.

"Beberapa waktu lalu kami mengusulkan pembangunan flyover dan kelanjutan pembangunan JJLS dari Jladri hingga Ayah segera dibangun," imbuhnya.(*)
Powered by Blogger.