Sajikan Minuman Cendol Belut, Adimulyo Juara 1 Lomba Masak Berbahan Baku Ikan

Sepintas tidak ada bedanya dengan cendol biasa, hanya bahan utamanya belut. 
Sajikan Minuman Cendol Belut, Adimulyo Juara 1 Lomba Masak Berbahan Baku Ikan
Inilah menu-menu sajian perwakilan Kecamatan Adimulyo
www.inikebumen.net KEBUMEN - Perwakilan Kecamatan Adimulyo berhasil menjadi juara 1 lomba masak berbahan baku ikan tingkat Kabupaten Kebumen. Lomba yangmerupakan rangkaian HUT ke-74 RI dan Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen. diselenggarakan di Alun-alun Kebumen, Sabtu 31 Agustus 2019.

Sejumlah menu unik disajikan yang berhasil mengantarkan Adimulyo menjadi yang terbaik. Diantaranya, minuman cendol belut. Sepintas tidak ada bedanya dengan cendol pada umumnya, hanya bahannya ditambah belut.

"Ini tidak amis karena dan anak-anak suka karena sudah menjadi bentuk minuman seperti ini," kata Perwakilan Kecamatan Adimulyo, Novi Fajar Pamuji.

Novi mengatakan idenya membuat cendol belut, karena bahan baku utamanya melimpah di wilayah Adimulyo. "Iya belutnya kita banyak," tuturnya.

Selain cendol belut, Perwakilan Adimulyo juga menyajikan menu kudapan telung. Yakni kudapan perpaduan antara tela dan ikan kembung dan menu unik lainnya.

Sementara itu, juara 2 Kecamatan Sruweng dan juara 3 Kecamatan Gombong. Kemudian, harapan 1 Kecamatan Sempor, harapan 2 Kecamatan Kebumen dan harapan 3 Kecamatan Ambal.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen Masagus Herunoto, menjelaskan peserta lomba masak berbahan baku ikan merupakan perwakilan dari 26 kecamatan dan satu SMK di Kebumen.

"Bagi yang juara 1 akan mewakili Kabupaten Kebumen Kebumen untuk mengikuti ajang yang sama di tingkat provinsi," ujar Masagus Herunoto.

Panitia memberikan uang pembinaan dan tropi kepada masing-masing pemenang. Yaitu, juara 1 mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1,75 juta, juara 2 Rp  1,5 juta dan juara 3 Rp 1 juta. Sedangkan, harapan 1 Rp 500 ribu, harapan 2 Rp 400 ribu dan harapan 3 Rp 300 ribu.

Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, mengatakan lomba tersebut untuk memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas. Selain juga untuk mendorong terciptanya menu masakan berbahan baku ikan dengan kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

"Tujuannya mewujudkan kreativitas, dalam pengelolahan menu ikan, yang akan memperkaya kuliner Kebumen," kata Yazid Mahfudz, disela-sela meninjau lomba.

Menurutnya, dengan mengkonsumsi ikan, bupati berharap anak-anak Kebumen akan lebih cerdas dan aktif. Sebab, ikan merupakan produk yang sangat penting bagi perkembangan otak.

"Apalagi garis pantai Kebumen cukup panjang, sehingga potensi perikanannya juga cukup besar," ujarnya.

Hadir pada acara itu, Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Asisten Sekda Nugroho Tri Waluyo, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kebumen La Ode Haslan. Serta sejumlah pejabat lainnya.(*)
Powered by Blogger.