Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Kebumen Gelar MTQ dan Pildaja

Panitia menyediakan hadiah uang pembinaan total Rp 61,2 juta dan tropi untuk para pemenang MTQ dan Pildaja.
Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Kebumen Gelar MTQ dan Pildaja
Peserta tilawah putri saat mengikuti lomba
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 480 peserta mengikuti Musabaqoh Tilawatul Quran (MTQ) dan Pemilihan Dai Remaja (Pildaja) tingkat Kabupaten Kebumen, Sabtu, 31 Agustus 2019. Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriah.

"Pesertanya merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Kebumen," terang Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kebumen, Wahib Tamam, Sabtu pagi.

Adapun cabang lomba yang diselenggarakan, yaitu tilawah dewasa, remaja dan anak. Tahfidz 1 juz dan tilawah, tahfidz 5 juz dan tilawah tahfidz 10 juz. Kemudian, kaligrafi dekorasi, kaligrafi hiasan mushaf dan pemilihan dai remaja.

Panitia menyediakan hadiah total Rp 61,2 juta dan tropi untuk para pemenang. Yaitu untuk masing-masing juara 1 menerima uang pembinaan sebesar Rp 1 juta, juara 2 Rp 800 ribu, juara 3 Rp 600 ribu. Kemudian, harapan 1 Rp 500 ribu, harapan 2 Rp 400 ribu dan harapan 3 Rp 300 ribu.

"Acara ini juga merupakan kegiatan penutup pada rangkaian HUT ke-74 RI dan Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen," kata dia.

Sementara itu, pembukaan MTQ dan Pildaja tingkat Kabupaten Kebumen tahun 2019 ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Yazid Mahfudz. Pembukaan dipusatkan di Pendopo Rumdin Bupati, Sabtu pagi, 31 Agustus 2019.

Dalam sambutannya, Bupati KH Yazid Mahfudz, mengatakan kegiatan MTQ bukan hanya sebagai ajang lomba seni membaca Al Qur’an. Tetapi, menjadi suntikan energi bagi umat Islam Kebumen untuk membumikan Al Qur’an dalam dunia nyata.

"Membumikan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim. Memperkokoh akhlakul karimah, membangun kehidupan yang harmonis, dan menerapkan ide-ide besar. Ide-ide mulia dalam Al Qur’an untuk kemaslahatan umat dan bangsa Indonesia," kata Yazid Mahfudz.

Bupati berharap agar MTQ dan Pildaja menjadi salah satu sumber kesejukan.
Sumber mata air melimpahnya ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah kita.

"Karena kerukunan, persaudaraan dan persatuan adalah kekuatan utama kita untuk bergerak maju. Juga menjadi sumber energi bagi kita untuk mewujudkan daerah, bangsa dan negara yang baldatun thayyibatun warabbun ghafur," ujarnya.

Turut hadir, Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Panut, Kabag Kesra Setda Kebumen Wahib Tamam, serta sejumlah pejabat lainnya.(*)
Powered by Blogger.