Tradisi King Hoo Ping, Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen Bagikan Seribu Paket Sembako

Pembagian paket sembako gratis tersebut sebagai laku cinta bakti sebagai sesama mahluk.
Tradisi King Hoo Ping, Klenteng Kebumen Bagikan Seribu Paket Sembako
Warga antre untuk mendapatkan paket sembako di Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sembahyang King Hoo Ping di Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen diisi dengan pembagian sembako gratis kepada warga kurang beruntung, Kamis, 15 Agustus 2019. Sebanyak 1.000 paket sembako dibagikan kepada warga yang tinggal di sekitar klenteng.

Pembagian sembako dengan beras sekitar 3 ton itu dilakukan usai digelar ritual sembahyang King Hoo Ping atau Sembahyang Rebutan di kelenteng tersebut. Warga sekitar kelenteng yang telah menerima kupon datang kemudian menukarkan kupon dengan paket sembako terdiri atas beras, mi instan dan aneka kue.

Ketua Yayasan TITD Klenteng Kong Hwie Kiong, Sugeng Budiawan, mengatakan pembagian paket sembako gratis tersebut sebagai laku cinta bakti sebagai sesama mahluk.

Kegiatan tersebut dipersembahkan kepada arwah leluhur, orangtua, maupun orang-orang yang telah mendahului mereka. "Kita berbagi dengan warga yang kurang beruntung," ujar Sugeng Budiawan, disela-sela kegiatan bakti sosial tersebut.

Ia menjelaskan tradisi King Hoo Ping atau sembahyang arwah selalu digelar rutin oleh warga keturunan Tiong Hoa di Kebumen. Pada tradisi yang dipimpin oleh sesepuh klenteng ini di persembahkan sejumlah sesajian yang ditaruh ditaruh di atas. Sesaji tersebut berupa lauk pauk, nasi, kue, buah, dan minuman.

Sembahyang King Hoo Ping dilaksanakan pada bulan ke-7 Imlek, atau biasanya jatuh pada sekitar bulan Agustus. Upacara bertujuan untuk menghormati arwah leluhur, orang tua, kakek, nenek, baik yang dikenal maupun tidak dikenal.(*)

Powered by Blogger.