Bakal Pindah Tugas, Robertho Pardede Mau Bikin "Sedulur Kebumen" di Tempat Baru

"Selama saya bertugas di beberapa tempat baru di Kebumen yang ada. (Sedulur Kebumen) ini bisa ditularkan ke daerah lain," tutur Robertho Pardede.
Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede
www.inikebumen.net KEBUMEN - Jabatan Kapolres Kebumen yang saat ini dijabat oleh AKBP Robertho Pardede sebentar lagi akan diserahterimakan kepada penggantinya. Robertho Pardede sendiri akan pindah tugas menjadi Kapolres Kendal.

Meski hanya sembilan bulan bertugas di Kebumen, Robertho Pardede mengaku sangat terkesan dengan masyarakatnya. Termasuk keindahan alam yang dimiliki kabupaten "Beriman" ini.

Di tempat baru nanti, Robertho Pardede terang-terangan mengaku akan mengadopsi komunitas "Sedulur Kebumen". Ia akan menularkan virus "Sedulur Kebumen" di wilayah lain.

"Selama saya bertugas di beberapa tempat baru di Kebumen yang ada. (Sedulur Kebumen) ini bisa ditularkan ke daerah lain," tutur Robertho Pardede, di Beranda Eatery Kebumen, belum lama ini.

Menurutnya, Komunitas Sedulur Kebumen yang memanfaatkan WhatsApp Group (WAG) dinilai sangat efektif untuk menjalin komunikasi antara masyarakat dengan para pengampu kepentingan di Kebumen. Sebab, pada WAG tersebut tidak ada sekat untuk berkomunikasi antara masyarakat dengan para pejabat.

Apalagi anggotanya cukup lengkap, mulai dari Bupati, Kapolres, Dandim, Anggota DPRD, berbagai aktivis hingga masyarakat biasa. Salah satu fokus yang dilakukan Sedulur Kebumen diantaranya program bedah rumah. Bahkan hingga awal September 2019 ini telah berhasil memperbaiki 16 rumah. Selain itu, juga membantu pengobatan bagi masyarakat yang kurang mampu.  Hingga kegiatan sosial lainnya.

"Kalau melalui Sedulur Kebumen penanganan permasalahan. Misalnya bedah rumah, tinggal dilaporkan melalu grup, langsung ditangani," ujarnya.

"Dengan grup ini tidak ada yang terbengkalai gara-gara sakit di Kebumen atau kesusahan. Ini karena mendapat respon cepet," sambungnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, Sedulur Kebumen juga mampu menyatukan putra-putra Kebumen yang sukses di luar daerah. Berkat dukungan penuh dari putra-putra daerah itu komunitas tersebut masih eksis hingga saat ini.

"Ya intinya, Sedulur Kebumen telah menyatukan semua pihak. Menumbuhkan sikap saling tolong-menolong," kata dia.

Robertho Pardede, menjabat Kapolres Kebumen menggantikan AKBP Arief Bahtiar pada 3 Desember 2018. Dia lahir di Jakarta, 1 Februari 1977. Setelah lulus Akademi Kepolisian 1999, sebelum menjabat Kapolres Kebumen, Pardede lebih banyak bertugas di Korp Brimob.(*)
Powered by Blogger.