Catat, Kades di Kebumen Diminta Tak Andalkan Bantuan Pemerintah

Secara khusus Bupati meminta para camat di Kabupaten Kebumen agar memberikan bimbingan kepada para kepala desa. Apalagi, banyak kepala yang saat ini menjabat merupakan orang baru.
Kades di Kebumen Diminta Tak Andalkan Bantuan Pemerintah
Tiga kepala desa mengucapkan sumpah sebelum menduduki jabatannya
www.inikebumen.net KEBUMEN - Kepala desa yang baru dilantik di Kabupaten Kebumen diminta agar tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah. Namun, dituntut mampu menggali dan mengelola potensi sumberdaya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki masing-masing desa.

Selain itu, kepala desa juga harus mampu mensinergikan antara potensi dan program pemerintah desa dengan program pemerintah yang diterima oleh desa.
Sinergitas ini diperlukan untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan. Sinergitas diperlukan untuk menciptakan keadilan antar wilayah ditingkat desa.

"Sebagai kepala desa, mempunyai kewenangan untuk mengatur kehidupan yang dituangkan dalam peraturan desa. Dengan kewenangan itu kepala desa semestinya bisa lebih kreatif untuk mewujudkan harapan masyarakat dan tidak hanya mengandalkan bantuan pemerintah," kata Yazid Mahfudz, pada cara pengambilan sumpah dan pelantikan kepala desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin 16 September 2019.

Bupati mengingatkan tugas kepala desa adalah menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dan melaksanakan pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan kewajibannya antara lain meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat. Kemudian, melaksanakan kehidupan demokrasi. 

"Juga menjalin hubungan kerja dengan seluruh mitra kerja pemerintahan desa serta mentaati dan menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan," tegasnya.

Dalam hal pengelolaan keuangan desa, Bupati meminta harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Hal ini penting diketahui, karena saat ini, desa mengelola anggaran yang cukup besar. Sehingga perlu disikapi dan dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian dan penuh tanggungjawab.

Secara khusus Bupati meminta para camat di Kabupaten Kebumen agar memberikan bimbingan kepada para kepala desa. Apalagi, banyak kepala yang saat ini menjabat merupakan orang baru.

"Karena banya kades baru merka butuh bimbingan dan arahan. Saya minta para camat bantu mereka," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, melantik tiga calon kepala desa terpilih menjadi kepala desa hasil Pilkades serentak 25 Juni 2019.

Tiga orang yang dilantik, yaitu Nurkhabib, Kepala Desa Surobayan Kecamatan Ambal. Kemudian, Partin, Kepala Desa Pakuran Kecamatan Buayan, danWasijan, Kepada Desa Sidoharjo Kecamatan Puring.

Acara pelantikan dihadiri oleh Ketua Sementara DPRD Kebumen Adhitya Wisnu Bayu Aji, Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Dispermades P3A Frans Haidar. Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen.(*)
Powered by Blogger.