Kritisi Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kebumen, KBPII Gelar Diskusi

"Ketika kemudian ada penetapan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong, 30 November 2018 lalu, mendadak seperti terjadi pergeseran orientasi," ujar Kang Juki.
Kritisi Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kebumen, KBPII Gelar Diskusi
Diskusi KBPII
www.inikebumen.net PEJAGOAN - Alumni Pelajar Islam Indonesia (PII) yang tergabung dalam Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII) Kabupaten Kebumen kembali akan menggelar diskusi bulanan, di Padepokan KBPII Pejagoan, Minggu 22 September 2019.

Tema yang diangkat dalam diskusi nanti adalah "Konsistensi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kebumen" dengan nara sumber Yusuf Murtiono (Formasi) dan Miftahul Ulum (anggota DPRD Kebumen).

Kang Juki sebagai koordinator Forum Diskusi Bulanan KBPII menjelaskan latar belakang pilihan tema tersebut terkait perkembangan orientasi perencanaan pembangunan di Kabupaten Kebumen.

Pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2005-2025 visi pembangunan daerah adalah “Kebumen yang Mandiri dan Sejahtera Berbasis Agrobisnis”.

Lalu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJPD) tahun 2016-2021 visinya adalah, ”Bersama Menuju Masyarakat Kebumen yang Sejahtera, Unggul, Berdaya, Agamis dan Berkelanjutan”.

"Ketika kemudian ada penetapan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong, 30 November 2018 lalu, mendadak seperti terjadi pergeseran orientasi," ujar Kang Juki.

Karena perencanaan pembangunan juga ada penjenjangannya sampai yang terendah di tingkat desa, maka perencanaan di tingkat kabupaten perlu dicermati.
"Desa-desa yang memiliki kepala desa baru perlu segera menyusun RPJMDes dan APBDes tahun 2020. Jadi paling tidak diskusi ini bisa ikut memberi wawasan kepada mereka yang aktif dalam perencanaan pembangunan di desanya," imbuh Kang Juki.

Meski penyelenggaranya KBPII, diskusi terbuka bagi siapa saja yang berminat. "Sekaligus jadi ajang silaturahim mantan aktivis berbagai ormas pelajar, mahasiswa dan pemuda dengan yang masih aktif atau yang malah tidak pernah aktif di ormas pelajar, mahasiswa dan pemuda," jelas Kang Juki.

Bagi yang berminat mengikuti bisa langsung datang ke lokasi di Padepokan KBPII, belakang Toko Satu Hati, Soka, Pejagoan. Rencananya diskusi diselenggarakan pada hari Minggu, 22 September 2019 pukul 09.00-12.00 WIB.(*)
Powered by Blogger.