Mantap! 487 Peserta dari 7 Kabupaten Ikuti Seleksi Magang ke Jepang di Kebumen

Yang lolos seleksi administrasi sebanyak 487 orang. Dengan rincian dari Kebumen 239 orang, Magelang 19 orang, Purworejo 23 orang, Wonosobo 3 orang. Kemudian, Banyumas 38 orang, Cilacap 139 orang, Banjarnegara 20 orang dan Purbalingga 6 orang.
Mantap! 487 Peserta dari 7 Kabupaten Ikuti Seleksi Magang ke Jepang di Kebumen
Peserta seleksi magang Jepang di Gedung PLUT Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 487 pencari kerja mengikuti seleksi pemagangan ke Jepang 2019 di Gedung PLUT Dinas Tenaga Kerja dan KUKM Kebumen. Kegiatan itu dibuka oleh Staf Ahli Bupati Kebumen Suwedi, Senin 2 September 2019.

Tak hanya diikuti oleh warga Kebumen, seleksi tersebut juga diikuti peserta dari luar daerah. Yaitu dari Kabupaten Magelang, Purworejo, Wonosobo, Banyumas, Cilacap dan Banjarnegara.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan KUKM Kebumen Siti Kharisah, menjelaskan awalnya pendaftaran seleksi yang dibuka pada 22 Juli-24 Agustus 2019 sebanyak 780 orang.

Namun, yang lolos seleksi administrasi sebanyak 487 orang. Dengan rincian dari Kebumen 239 orang, Magelang 19 orang, Purworejo 23 orang, Wonosobo 3 orang. Kemudian, Banyumas 38 orang, Cilacap 139 orang, Banjarnegara 20 orang dan Purbalingga 6 orang.

Ia mengungkapkan, seleksi dilakanakan oleh Tim Bina Pemagangan Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker RI dan IM Jepang. Pelatihan tersebut dimulai pada 2-6 September 2019.

Materi seleksi meliputi kesamaptaan dan matematika di PLUT KUKM Kebumen. Kemudian, FMD (fisik, mental, disiplin) di Stadion Candradimuka, dan wawancara di Gedung Pertemuan Disnaker KUKM Kebumen.

"Pada tahun 2017 lalu Kabupaten Kebumen memberangkatkan 73 orang dari 75 orang yang ikut seleksi," terang Siti Kharisah.

Bupati Kebumen dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Kebumen Suwedi, menyampaikan seleksi tersebut sangat ditunggu masyarakat.
"Semoga hasilnya memuaskan, baik bagi para pencari kerja maupun pihak perusahaan," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini diikuti oleh peserta dari Kabupaten Kebumen dan kabupaten tetangga. Artinya, pencari kerja di masyarakat masih banyak.

"Di Kabupaten Kebumen sendiri, pencari kerja yang terdaftar pada pelayanan AK1 sudah mencapai lebih 8.700 orang," ujarnya.

Menurutnya, pengiriman tenaga magang ke Jepang sangat positif bagi warga Kebumen. Sebab, dapat meningkatkan kualitas ketrampilan para pencari kerja di Kebumen.

"Mereka yang akan berangkat magang ke Jepang adalah orang-orang pilihan yang berkualitas dari sekian banyak pelamar," tegasnya.(*)
Powered by Blogger.