PC IPNU-IPPNU Kebumen Gelar Acara Makesta Untuk Mahasiswa

Para peserta mendapatkan pembekalan berbagai macam materi, antara lain Aswaja, Ke-NU-an, IPNU-IPPNU, Islam Nusantara, Antropologi Kampus, Keorganisasian, dan Penghantar Paradigma.
PC IPNU-IPPNU Kebumen Gelar Acara Makesta Untuk Mahasiswa
Kegiatan Makesta PC IPNU-IPPNU Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPNU-IPPNU) Kabupaten Kebumen menggelar acara Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) untuk mahasiswa di Aula PC NU Kebumen, Jum'at-Sabtu, 13-14 September 2019.

Kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa-mahasiwi IAINU dan UMNU Kebumen mengangkat tema "Progresivitas Pemuda NU yang Berwawasan Aswaja-Berjiwa Pancasila".

Dalam kegiatan tersebut, para peserta mendapatkan pembekalan berbagai macam materi, antara lain Aswaja, Ke-NU-an, IPNU-IPPNU, Islam Nusantara, Antropologi Kampus, Keorganisasian, dan Penghantar Paradigma.

Ketua PC IPNU Kebumen Misbahul Munir melalui Ketua Departemen Kaderisasi Awal Hanifudin mengatakan, Makesta adalah tahap awal untuk menjadi kader IPNU-IPPNU sesuai dengan PD/PRT.

"Pentingnya pembelajaran IPNU-IPPNU tentang organisasi dan aqidah Ahlus Sunnah Waljama'ah. Agar bisa menjadi bekal bagi mahasiswa-mahasiswi baru IAINU dan UMNU Kebumen dalam berorganisasi dan mengabdi kepada masyarakat," ujarnya.

Pada materi terakhir yang disampaikan oleh Ketua PAC GP Ansor Buayan Muhammad Ma'muri, peserta diajak untuk mengulas kembali materi yang telah disampaikan oleh para pemateri sebelumnya melalui forum diskusi. Ma'muri berharap peserta Makesta dapat berfikir kritis dalam kehidupan sehari-hari.

"Namun harus dibarengi dengan aksi nyata, serta dapat membagi waktu dengan bijak antara organisasi, kuliah dan bekerja," tegasnya.

Kegiatan Makesta juga dihadiri tamu undangan dari PC NU Kebumen, PC IPNU-IPPNU Kebumen, PC Ansor Kebumen, PC PMII Kebumen, Pesmadi (Persatuan Semangat Mahasiswa Adimulyo) dan Pembina GBB (Gerakan Bejiruyung Bersedekah).

Pada akhir acara, salah satu peserta Ngaisah Mutfiah (18) mengungkapkan rasa syukurnya bisa mengikuti Makesta. "Kegiatan Makesta mampu mewadahi dan mengenalkan pelajar yang masih awam dengan Islam Ahlus Sunnah Waljama'ah An-Nahdliyah," kata dia.(*)
Powered by Blogger.