Sempat jadi Polemik, Akhirnya Ornamen Pagar Besi Tugu Lawet Dibongkar

Di sekitar Tugu Lawet nantinya akan dipasang patung kupu tarung
Sempat jadi Polemik, Akhirnya Ornamen Pagar Besi Tugu Lawet Dibongkar
Tugu Lawet sudah bersih dari pagar besi
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pagar besi berbentuk kelopak bunga yang berada di sekeliling Tugu Lawet Kebumen dibongkar pada Selasa malam, 10 Juni 2019. Hingga pukul 23.00 WIB, seluruh ornamen pelindung komponen frame air mancur telah bersih dari tugu kebanggaan masyarakat Kebumen itu.

Tidak hanya pagar di sekeliling tugu, pagar-pagar besi yang ada di sisi timur dan selatan Tugu Lawet juga turut dibongkar. Pembongkaran yang dilakukan ini merupakan bagian dari desain ulang yang dilakukan Pemkab Kebumen setelah mendapat kritik tajam dari masyarakat.

Selain itu, keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan estetika dan keindahan. Proyek pembangunan taman Tugu Lawet lanjutan ini dikerjakan oleh CV Bima Jaya dengan nilai kontrak Rp 235 juta.

"Nantinya tidak ada lagi pagar yang ada di sekeliling tugu," kata pelaksana proyek, Arif, Selasa malam.

Baca juga: Setelah jadi Polemik, Tugu Lawet Bakal Didesain Ulang

Disisi timur dan selatan tugu akan dipasang pagar baru yang dilengkapi rantai. Di tempat itu juga akan dipasang patung kupu tarung. Selanjutnya, disisi utara yang bersebelahan pusat kuliner Tumenggungan akan dibangun ampiteater. Kemudian, di tempat itu juga akan dipasang lampu sorot di tiga titik.
Sempat jadi Polemik. Akhirnya Ornamen Pagar Besi Tugu Lawet Dibongkar
Pekerja membongkar pagar Tugu Lawet
"Jadi nantinya masyarakat dapat berfoto-foto dengan latar belakang Tugu Lawet dari sisi utara, di ampiteater dan dilengkapi dengan tempat duduk" ujarnya.

Sebelumnya, revitalisasi Tugu Lawet sempat menjadi polemik. Sejumlah pihak menyebut renovasi tugu kebanggan masyarakat Kebumen itu proyek gagal. Bahkan banyak yang meminta agar Pemkab Kebumen mengembalikan seperti bentuk semula.

Pada waktu itu revitalisasi menelan anggaran hingga Rp 673 juta. Waktu pengerjaan proyek revitalisasi dilaksanakan sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Revitalisasi dilaksanakan dengan penambahan pagar stainless, pot hias, ornamen burung lawet, kolam dan air mancur.(*)
Powered by Blogger.