Catat! Penerimaan CPNS Dibuka, Pemkab Kebumen Terima 530 Formasi

Penerimaan CPNS Kebumen
Catat! Penerimaan CPNS Dibuka, Pemkab Kebumen Terima 530 Formasi
Kepala BKPPD Kebumen Asep Nurdiana melantik para pejabat fungsional, belum lama ini.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Akhirnya setelah lama ditunggu, Pemkab Kebumen tahun ini akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jumlah formasi yang diterima pun cukup banyak, yakni sejumlah 530 formasi.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kebumen, Asep Nurdiana, Jumat, 25 Oktober 2019.

"Iya, yang didominasi CPNS guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis," ujar Asep Nurdiana, saat dihubungi.

Namun demikian, pihaknya belum dapat merinci jumlah formasi tersebut. "Saya tidak hafal, besok Senin (28 Oktober 2019) kita sampaikan di konferensi pers," kata dia.

Pemerintah mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 pada pekan keempat bulan Oktober ini. Selanjutnya, proses pendaftaran, seleksi hingga pemberkasan bisa memakan waktu hingga beberapa bulan.

Total formasi CPNS 2019 yang akan dibuka sebanyak 197.111. Di antaranya, 37.854 formasi untuk kementerian/lembaga dan 159.257 formasi untuk daerah. Namun, angka-angka tersebut masih dalam tahap finalisasi.

Setidaknya ada tujuh tahapan dalam proses penerimaan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini. Semua tahapan itu harus dilalui hingga akhirnya pelamar diterima sebagai Aparatur Negeri Sipil (ASN).

Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan PP 49 tahun 2018 tentang Manajemen PPPK. Proses tahapan seleksi CPNS ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Selain itu, proses pendaftaran secara online tidak lagi dilakukan pada laman BKN sebelumnya, yakni sscn.bkn.go.id. Tahun ini, pendaftaran akan dilakukan pada laman sscasn.bkn.go.id.

Adapun jadwal pelaksanaan seleksi CPNS 2019, yakni akhir Oktober-November 2019 pengumuman dan pendaftaran. Kemudian Desember 2019 pengumuman hasil seleksi administrasi, Januari 2020 masa sanggah dan pengumuman jadwal SKD.

Selanjutnya, Februari 2020 pelaksanaan SKD, Maret 2020 Pengumuan hasil SKD dan pelaksanaan SKB. Sedangkan, Integrasi nilai SKD dan SKB pada April 2020.(*)
Powered by Blogger.