Diluar Fungsi Aslinya, Ternyata Borgol Bisa Digunakan jadi Alat Beladiri

"Ada fungsi lain borgol. Dalam teknik beladiri Polri, borgol bisa juga digunakan sebagai alat pertahanan dan alat untuk melumpuhkan musuh,"
Diluar Fungsi Aslinya, Ternyata Borgol Bisa Digunakan jadi Alat Beladiri
Anggota Polres Kebumen latihan bela diri menggunakan borgol
www.inikebumen.net KEBUMEN - Ternyata borgol tak hanya berfungsi untuk memborgol para pelaku kejahatan. Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, memperkenalkan fungsi lain dari borgol. Yaitu sebagai alat pertahanan dan untuk melumpuhkan musuh.

"Ada fungsi lain borgol. Dalam teknik beladiri Polri, borgol bisa juga digunakan sebagai alat pertahanan dan alat untuk melumpuhkan musuh," terang Rudy Cahya Kurniawan, saat memimpun apel besar di Polres Kebumen, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Ia menjelaskan dalam gerakan dasar, borgol bisa digunakan sebagai alat pemukul. Selain itu juga sebagai alat untuk menangkis pukulan lawan.

"Sebagai anggota Polri, borgol harus selalu kita bawa saat bertugas," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kasat Tahti Polres Kebumen Ipda Suwarto yang juga instruktur beladiri Polres Kebumen memperagakan cara menggunakan borgol diluar fungsi borgol.

"Ini juga sebagai upaya kita dalam meningkatkan kemampuan para personel dalam melaksanakan tugasnya. Para personel harus mahir dalam beladiri," katanya.

Sementara itu, menjelang Pilkades serentak dan dan Pilbup Kebumen 2020, Polres Kebumen menggelar apel besar yang diikuti seluruh personel Polres.

Pada kesempatan itu, AKBP Rudy Cahya Kurniawan melakukan pengecekan perlengkapan perorangan yang akan digunakan sebagai alat pendukung pengamanan. Para personel dicek satu persatu mulai dari tongkat polri, borgol polri, lampu senter, hingga buku saku.

Pengecekan itu merupakan bentuk kesiapan Polres Kebumen dalam mensukseskan pesta demokrasi. Sekaligus persiapan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.(*)
Powered by Blogger.