Dukung Gerakan Literasi, SRMB Sumbangkan Dua Buku ke Perpusda Kebumen

Mereka menyerahkan dua buah judul buku terbitan SRMB tahun 2019. Yaitu, Antologi Puisi Kuputarung 1 dan Antologi Puisi Kuputarung 2
Dukung Gerakan Literasi, SRMB Sumbangkan Dua Buku ke Perpusda Kebumen
Pamong SRMB Pekik Sat Siswonirmolo didampingi Daryono Cengkim, menyerahkan buku kepada Anna Ratnawati
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sekolah Rakyat Melu Bae (SRMB) menyumbangkan dua buah buku yang diterbitkannya kepada Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kebumen. Penyerahan dilakukan bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda, Senin, 28 Oktober 2019.

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Sekolah SRMB Daryono Cengkim, didampingi beberapa personel pamong SRMB, diantaranya Pekik Sat Siswonirmolo, Aris Panji dan Indriotomo Brigandono diterima langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen Anna Ratnawati.

Mereka menyerahkan dua buah judul buku terbitan SRMB tahun 2019. Yaitu, Antologi Puisi Kuputarung 1 dan Antologi Puisi Kuputarung 2.

"Di komunitas yang kini tengah memasuki usia yang ke 16 ini telah ada beberapa buku yang diterbitkan. Kegiatan ini, dalam rangka turut berpartisipasi menyemarakkan gerakan literasi lokal dan literasi daerah," ujar Daryono Cengkim.

Buku-buku yang telah diterbitkan oleh SRMB diantaranya buku Antologi Puisi Bulan Menggantung karya penyair Kebumen Pitra Suwita dan buku Antologi Puisi bersama beberapa penyair Kuputarung 1 dan Kuputarung 2.

Pamong SRMB Pekik Sat Siswonirmolo, memaparkan bahwa buku antologi puisi Kuputarung 1 berisi kumpulan puisi empat orang penyair SRMB yaitu Daryono Cengkim, Dodotiro, Pitra Suwita dan Pekik Sat Siswonirmolo. Buku itu sebenarnya telah pernah diterbitkan dalam bentuk manuskrip pada tahun 2003.

Namun kemudian diterbitkan ulang dengan beberapa perbaikan pada bulan Agustus 2019 ini. Sedangkan buku antologi puisi Kuputarung 2 merupakan buku kumpulan puisi dengan 13 orang jumlah penyair Kebumen, yang juga terbit pada tahun 2019.

"Rencananya SRMB akan menerbitkan antologi puisi Kuputarung itu secara berseri setiap tahun. Sehingga saat ini SRMB tengah mempersiapkan penerbitan antologi puisi Kuputarung 3, yang apabila tidak ada aral melintang akan terbit diawal Januari 2020," kata Pekik.

Untuk Kuputarung 3 ini, lanjut dia, SRMB telah membuka kesempatan, mengajak lebih banyak penyair Kebumen untuk dapat ikut terlibat.

Pekik menegaskan, SRMB berkomitmen untuk dapat membantu beberapa penulis Kebumen yang mengalami kesulitan dalam mewujudkan keinginannya untuk menerbitkan buku.

"Meskipun tidak harus menerbitkan buku-buku sastra puisi saja, tetapi bisa juga buku-buku yang lain," imbuhnya.

Kepala Perpusda Anna Ratnawati memberikan apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh Sekolah Rakyat Melubae. Mengingat keberhasilan gerakan literasi pada umumnya dan literasi daerah pada khususnya sangat membutuhkan dukungan dari peranserta masyarakat.

Untuk itu Perpusda mengharapkan SRMB untuk dapat melanjutkan kegiatan dalam rangka mendukung gerakan literasi di Kebumen. Selanjutnya Kepala Perpusda juga mempersilahkan penggunaan babarapa fasilitas yang ada di Perpusda, seandainya dari SRMB atau masyarakat memerlukannya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen Anna Ratnawati, berharap SRMB dapat membantu mewujudkan keinginan Perpusda dalam rangka menerbitkan beberapa buku.(*)
Powered by Blogger.