Gus Yazid Optimis Tahun ini Kebumen Raih Piala Adipura

"Alhamdulillah kita lolos untuk mengikuti P2 (penilaian tahap 2) yang akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Oktober 2019,"
Gus Yazid Optimis Tahun ini Kebumen Raih Piala Adipura
Rakor persiapan penilaian tahap 2 Adipura tahun 2019 di Ruang Rapat Gedung F Setda Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN -  Pemerintah Kabupaten Kebumen optimis tahun ini dapat meraih Piala Adipura. Bupati Yazid Mahfudz, semakin optimis karena pada tahun lalu sudah berhasil mendapat sertifikat penghargaan Adipura dari pemerintah pusat.

"Ada beberapa titik yang harus dibenahi karena nilainya masih dibawah 75. Tapi saya optimis tahun ini Kebumen dapat Piala Adipura," tegas Yazid Mahfudz, usai menghadiri rapat koordinasi persiapan penilaian tahap 2 Adipura tahun 2019 di Ruang Rapat Gedung F Setda Kebumen, Selasa, 15 Oktober 2019.

Ia menjelaskan penilaian Adipura P1 sudah dilaksanakan berdasarkan dokumen Jakstrada Kabupaten Kebumen. "Alhamdulillah kita lolos untuk mengikuti P2 (penilaian tahap 2) yang akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Oktober 2019," ujarnya.

Terkait dengan persiapan penilaian Adipura 2019 tersebut, kata Bupati, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan perlu ditingkatkan. Terutama dalam upaya penanganan dan pengurangan sampah.

Tentang penanganan sampah ini, lanjutnya, ditangani oleh Dinas Perkim LH, DPU PR, Dinas Kesehatan dan 9 desa/kelurahan pendukung Adipura. Beberapa hal yang harus mendapat perhatiaan diantaranya, pengangkutan dari TPS ke TPA dan kebersihan jalan. Kemudian, Pengelolaan di TPA harus Landfilling tidak boleh open dumping.

Selanjutnya, pengelolaan sarpras TPA, pengelolaan lalat dan bau, pengelolaan gas methan di TPA, recovery plastik dan pencatatan jumlah plastik yang di recovery oleh pemulung. Termasuk pengelolaan sampah organik dengan pengomposan beserta pencatatannya.

"Kita juga harus mengupayakan data sampah agar masuk terkomputerisasi serta pengelolaan lindi dan hasil analisa lab lindi. Tidak kalah pentingnya adalah Pengelolaan TPS 3R," terangnya.

Terkait dengan pengurangan sampah, Bupati menegaskan hal ini perlu mendapat perhatian serius. Yaitu pengurangan penggunaan sampah plastik, pengurangan sampah di restoran/rumah makan, di hotel/penginapan. Selanjutnya, pengurangan sampah di Pasar tradisional, kebersihan pengelolaan sampah dan pencatatan pengelolaan sampah.

"Hasil pengelolaan sampah juga harus bisa dibuktikan (didisplay). Kita  juga harus memperhatikan pengurangan sampah di tempat ibadah, perkantoran, sekolah, sampah rumah tanggga dan masih banyak lagi," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengajak masyarakat dan semua stakeholder untuk mendukung Kabupaten Kebumen meraih piala Adipura. "Saya mengajak masyarakat agar membuang sampah di tempatnya dan memilahnya sesuai denga jenisnya. Agar Kebumen semakin bersih dan mendapat Adipura," tandasnya.(*)
Powered by Blogger.