Polsek Buluspesantren Gelar FGD untuk Tekan Kenakalan Remaja

"Bukan hanya para orang dewasa, anak-anak karena kenakalannya pun rentan terjerat hukum pidana,"
Polsek Buluspesantren Gelar FGD untuk Tekan Kenakalan Remaja
Suasana FGD
www.inikebumen.net BULUSPESANTREN -  Polres Kebumen melalui Polsek Buluspesantren menggelar Penyuluhan Focus Group Discusion (FGD) terkait meminimalilisir kenakalan remaja yang digelar di Kantor Desa Banjurmukadan Kecamatan Buluspesantren, Selasa, 29 Oktober 2019.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kapolsek Bulus Pesantren AKP Sumardi, menjelaskan kegiatan FGD untuk menekan angka kenakalan remaja yang dapat mengarah ke tindakan kriminal, serta penanggulangannya.

"Bukan hanya para orang dewasa, anak-anak karena kenakalannya pun rentan terjerat hukum pidana," kata AKP Sumardi.

Dalam kesempatan itu, para peserta yang hadir diimbau Kapolsek untuk lebib peduli terhadap lingkungan dan anak-anak di lingkungannya.

Ia menjelaskan, rasa peduli terhadap lingkungan sama halnya peduli terhadap masa depan generasi penerus. Selanjutnya Kapolsek berpesan agar para remaja diikutkan dalam kegiatan positif di desa, sehingga ada rasa tanggung jawab kepada lingkungannya.

"Jika rasa tanggung jawab sudah tertanam dari awal, ketika anak mulai terjun ke masyarakat ataupun berada di lingkungan sekolah akan menghindari tindakan menyimpang," kata Kapolsek.

Menurutnya, faktor kenakalan remaja bisa dikaitkan dengan salah pergaulan ataupun berada di lingkungan yang salah, serta pola asuh yang salah dalam keluarga. 

Umumnya, anak akan melakukan berbagai macam tindakan menyimpang sebagai bentuk pemberontakan diri ataupun ingin menunjukkan eksistensinya sebagai anak baru gede (ABG).

Jika hal tersebut dibiarkan, kenakalan remaja akan semakin menjadi. Tak menutup kemungkinan anak akan kehilangan masa depan akibat tindakan buruk yang dilakukannya pada masa remajanya.

Komunikasi dari hati ke hati sangat diperlukan dalam mengatasi kenakalan remaja. Orang tua, ataupun orang dewasa bertanggungjawab penuh atas kenakalan remaja.(*)
Powered by Blogger.