PPI Kebumen Kirim Bantuan 50 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga Kekeringan

Bantuan air bersih sebanyak 10 tangki atau 50 ribu liter itu disalurkan untuk sejumlah desa yang mengalami kekeringan
PPI Kebumen Kirim Bantu 50 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga Kekeringan
Bupati dan Forkopimda foto bersama dengan anggota PPI
www.inikebumen.net KEBUMEN - Untuk membantu masyarakat yang terdampak kekeringan, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kebumen memberikan bantuan air bersih. Secara simbolis, bantuan itu dilepas oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, di Alun-alun Kebumen, Senin, 28 Oktober 2019.

Bantuan air bersih sebanyak 10 tangki atau 50 ribu liter itu disalurkan untuk sejumlah desa yang mengalami kekeringan.

Turut hadir Ketua DPRD Sarimun, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Komandan Kodim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Kepala Kejari Kebumen  Erry Pudyanto Marwantono. Sekda Ahmad Ujang Sugiono, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen.

"Bantuan air bersih ini merupakan program bakti sosial yang diselenggarakan rutin setiap tahun," kata Ketua Koordinator PPI Kabupaten Kebumen Oky Wahyu Suryanto, dalam laporannya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga diselenggarakan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-91. "Ini hasil dari penggalangan dana masyarakat dan iuran sukarela dari anggota PPI," ujarnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Yazid Mahfudz, menyampaikan hingga 24 Oktober 2019, ada 85 desa yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Kebumen mengalami kekeringan. Terbanyak di Kecamatan Karanggayam sebanyak 12 desa, Ayah 11 desa dan Pejagoan 9 desa.

"Kekeringan ini harus kita tangani lebih serius dan berkesinambungan, tidak hanya jangka pendek dengan droping air bersih. Tetapi, juga jangka panjang dengan melibatkan masyarakat seperti melakukan penanaman pohon," kata Yazid Mahfudz.

Ia menambahkan, Pemkab Kebumen bersama dunia usaha dan PMI telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 1.523 tangki. Atau sebanyak 7.249.000 liter air bersih. Terdiri bantuan dari Pemkab Kebumen 817 tangki, CSR 517 tangki dan PMI 190 tangki.(*)
Powered by Blogger.