Rumah Reot Milik Janda Tiga Anak di Padureso Direhab TNI

Ada 6 unit rumah yang menjadi target renovasi pada TMMD Reguler ke-106 ini. Satgas TMMD pun membagi tim untuk memperbaiki rumah-rumah yang menjadi sasaran renovasi.
Rumah Reot Milik Janda Tiga Anak di Padureso Direhab TNI
Salah satu rumah yang direhab pada kegiatan TMMD di Desa Rahayu Kecamatan Padureso
www.inikebumen.net PADURESO - Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Satimi (48), warga Dukuh Sijaran RT 02 RW 01 Desa Rahayu Kecamatan Padureso, direnovasi oleh TNI. Rumah tersebut menjadi salah satu sasaran kegiatan fisik pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-106 Kodim 0709 Kebumen.

Ibu dari tiga anak ini memang telah lama menanti renovasi rumahnya. Selama ini dia tidak mampu memperbaiki rumahnya yang reot karena keterbatasan ekonomi.

Satimi mengaku sudah pasrah dengan kondisi rumahnya yang tidak layak huni. Namun berkat program TMMD kali ini, rumahnya menjadi salah satu sasaran tambahan TMMD Reguler yang digelar Kodim 0709 Kebumen.

Sepeninggal suaminya dua tahun silam, dia harus menggantikan peran sebagai seorang ayah bagi anak-anaknya dalam mencari nafkah. Sekaligus peran seorang ibu yang masih disandangnya.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selama ini Satimi menggantungkan pada pekerjaan berladang. Selain itu, juga mengurus dua ekor kambing peninggalan mendiang suaminya.

 Baca juga:

Selain rumah Satimi, TMMD Reguler juga merenovasi rumah milik Rianto (55), warga RT 02 RW 02 desa setempat. Rumah berukuran 9x6 meter itu didirikan sejak 1980 kondisinya hanya berdinding papan dan sebagian bilik.

Rumah yang berlokasi sekitar 200 meter dari Balai Desa Rahayu itu sudah sangat memprihatikan. Sebagian bangunan rumah sudah lapuk dimakan usia.

"Alhamdulillah dengan Program TMMD TNI ini rumah kami bisa diperbaiki dan saya berterimakasih kepada semuanya termasuk Satgas TMMD.” ujar Rianto.

Kemudian, rumah milik Surip (48) warga Dukuh Sijaran RT 02 RW 01 desa setempat. Rumah yang telah ditempati selama 26 tahun bersama istri dan dua orang anaknya itu kini dalam proses perbaikan oleh anggota Satgas TMMD Rahayu.

Bati Bakti TNI Kodim 0709 Kebumen Peltu Harianto mengatakan target renovasi rumah pada TMMD ini 6 unit. Satgas TMMD pun membagi tim untuk memperbaiki rumah-rumah yang menjadi sasaran renovasi.

"Tujuan digelarnya program TMMD adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan dan pembangunan fasilitas umum lainnya. Sehingga warga dapat menikmati kesejahteraannya," ujar Harianto.(*)
Powered by Blogger.